Motor Royal Enfield Ini Disembah Bak Dewa, Simak Sekelumit Kisahnya

Terdapat satu kuil di daerah India yang menyembah sepeda motor karena dianggap sebagai tuhannya. Motor yang mereka percaya sebagai dewanya adalah Royal Enfield Bullet RNJ 7773 berkapasitas 350cc.

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 24 Mar 2023, 18:10 WIB
Kepercayaan Unik di India Sembah Motor Royal Enfield. (source: firstpost.com)

Liputan6.com, Jakarta - India dikenal sebagai salah satu negara yang kental dengan nilai budayanya. Negara yang terletak di Asia Selatan ini memiliki banyak sekali kuil yang digunakan untuk menyebah para dewa.

Uniknya, terdapat satu kuil di daerah India yang menyembah sepeda motor karena dianggap sebagai tuhannya. Motor yang mereka percaya sebagai dewanya adalah Royal Enfield Bullet RNJ 7773 berkapasitas 350cc.

Sesuai dengan nama motor tersebut, kuil suci mereka disebut sebagai Bullet Baba. Selain Bullet Baba, motor ini juga memiliki nama lain yakni, Om Banna/Shri Om Banna.

Dilansir dari firstpost, legenda Bullet Baba ada sejak 1998. Pada hari itu, seorang pemuda bernama Om Singh Rathore, putra seorang pemimpin desa setempat, sedang melakukan perjalanan dari kota Bangdi.

Saat melakukan pejalanan, tiba-tiba ia kehilangan kendali sehingga sepeda motornya terjatuh menabrak pohon. Kejadian tersebut membuat om meninggal dunia sementara sepeda motor tersebut tergelincir ke selokan.

Menurut cerita rakyat setempat, pagi hari setelah kecelakaan itu, sepeda motor tersebut dibawa ke kantor polisi terdekat. Namun, kabarnya sepeda tersebut menghilang dari kantor polisi dan kembali ke lokasi kejadian.

Setelah kejadian itu, Polisi kembali mengangkutnya ke kantor serta mengosongkan tangki bahan bakar dan menguncinya. Anehnya, meski sudah melakukan segala cara, sepeda motor itu tetap menemukan jalan kembali ke lokasi kecelakaan.

"Pada malam kedua polisi sudah merantai dan terus berjaga untuk melihat siapa yang mencuri  dan membawa sepeda motor tersebut kembali ke lokasi kecelakaan," kata Raman Jay Singh, traveller lokal yang sedang dalam perjalanan ke Jodhpur.

2 dari 2 halaman

Mulai Dipercaya

Pada akhirnya pihak polisi pun menyerah untuk mengambil motor Royal Enfield ini. Berdasarkan kejadian aneh tersebut, penduduk mulai percaya bahwa motor ini bukan motor biasa, melainkan suatu benda suci.

Tiba-tiba, berita itu langsung menyebar dan penduduk desa membangun sebuah kuil untuk memujanya. Mereka meyakini bahwa Om Banna dapat membantu masyrakat keluar dari kesusahan.

Hingga saat ini, jika mengunjungi daerah tersebut, akan terlihat sekumpulan pemuja yang menuju ke kuil untuk memuja Bullet Baba. Mereka juga meyakini, jika tidak menghormati Bullet Baba dapat menyebabkan malapetaka.

Marsyakat sekitar selalu datang untuk berdoa agar permintaanya dikabulkan. Jika permintaan mereka benar-benar terkabul maka mereka menawarkan alkohol kepada Om Banna. 

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya