Angka Kecelakaan Tinggi, Warga Diimbau Ikut Mudik Gratis dan Tak Naik Motor

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahkan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Sebab, itu sangat membahayakan keselamatan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 16 Mar 2023, 16:10 WIB
Kementerian Perhubungan atau Kemenhub kembali menyelenggarakan mudik gratis 2023. Program ini bertujuan demi mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas dalam rangka perayaan Idulfitri 1444 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan atau Kemenhub kembali menyelenggarakan mudik gratis 2023. Program ini bertujuan demi mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas dalam rangka perayaan Idulfitri 1444 H.

Karena itu, masyarakat yang ingin mudik ke halaman diharapkan bisa memanfaatkan peluang Mudik Gratis 2023 daripada harus menggunakan sepeda motor.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahkan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Sebab, itu sangat membahayakan keselamatan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” tutur Menteri Budi seperti mengutip keterangan tertulis dari laman dephub.go.id, Kamis (16/3/2023).

Pemudik Sepeda Motor

Menurut perkiraan, pemudik pengguna sepeda motor bisa mencapai 25,13 juta orang atau sekitar 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

“Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” jelas Menhub.

Bahkan Menhub pun mengimbau agar berbagai pihak, seperti Kementerian/Lembaga, BUMN, hingga perusahaan swasta atau lainnya dapat menyelenggarakan program mudik Lebaran gratis 2023 ini.

“Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan,” kata Menteri Budi.

 

2 dari 4 halaman

Mudik Gratis Kemenhub 2023

Peserta Mudik Aman Mudik Sehat Kementerian Perhubungan bersiap menaiki bus tujuan kampung halamannya di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Sekitar 3.000 penumpang diberangkatkan dengan 106 bus yang telah disiapkan oleh Dirjen Darat Kementerian Perhubungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023, Kemenhub membuka program mudik gratis baik melalui jalur darat, laut, dan kereta api. Masyarakat dapat mendaftarkan diri secara dari atau online melalui laman mudikgratis.dephub.go.id atau aplikasi MitraDarat maupun secara langsung di Kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya. Nah, registrasinya dibuka mulai Maret s.d. Mei mendatang.

Pada Program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api, menyediakan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11 s.d 20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April s.d 4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret s.d 3 Mei 2023.

Selanjutnya, program Mudik Gratis dengan Bus, menyediakan kapasitas hingga 24 ribu lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit sepeda motor menggunakan truk. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17 s.d 19 April 2023 untuk arus mudik dan 27 s.d 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 13 Maret s.d 14 April 2023.

Kemudian, program Mudik Gratis Sepeda Motor naik Kapal Laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 15 Maret s.d 13 April 2023.

 

3 dari 4 halaman

Ketahui Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Mudik Gratis BUMN 2023 Bareng Jasa Raharja

Ribuan Peserta Ikuti Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan program mudik gratis dengan menggandeng 76 perusahaan pelat merah.

Mudik Gratis BUMN menyediakan kuota 65.603 kursi melalui berbagai moda transportasi yang digunakan.

"76 BUMN yang dipimpin PT Jasa Raharja saling berkolaborasi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya, dikutip Kamis (16/3/2023).

"Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," ujarnya.

Mengutip laman mudik.jasaraharja.co.id, syarat untuk mudik gratis BUMN bersama PT Jasa Raharja adalah sebagai berikut :

  • Memiliki akun Aplikasi JRku
  • Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mempunyai surat izin mengemudi (SIM C) yang masih aktif
  • Mempunyai sepeda motor yang dibuktikan dengan surat tanda motor kendaraan (STNK)
  • Pajak Kendaraan sepeda motor masih berlaku
  • Pendaftar dan peserta harus dalam 1 keluarga

Cara Daftar Mudik Gratis BUMN Bersama PT Jasa Raharja :

  1. Langkah pertama, pastikan Anda memiliki akun di aplikasi JRku.
  2. Kemudian, akses laman mudik.jasaraharja.co.id dan lakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri Anda.
  3. Jika sudah klik Selesai, pilih jenis transportasi, kota asal, kota tujuan, dan cari armada untuk mengetahui ketersediaan kursi
  4. Jika dinyatakan lolos verifikasi, maka tiket elektronik akan terbit.
  5. Pastikan Anda menyimpan tiket elektronik dengan baik dan tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan.
4 dari 4 halaman

Jadwal Mudik Gratis BUMN

Sejumlah pemudik berada di dalam bus tujuan mereka untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jadwal rangkaian kegiatan mudik gratis bareng Jasa Raharja tahun 2023 sebagai berikut :

  • Pembukaan pendaftaran dan booking tiket 15 Maret 2023 sampai dengan Tiket Habis
  • Pengambilan merchandise mudik Akhir Maret 2023
  • Pengiriman kode booking pemudik kereta api awal April 2023 via Aplikasi Web
  • Pemberangkatan mudik Kereta Api hari pertama 15 April 2023 di Stasiun Pasar Senen
  • Pemberangkatan mudik Kereta Api hari kedua 16 April 2023 di Stasiun Pasar Senen
  • Pemberangkatan mudik moda bus tanggal 18 April 2023

Tujuan mudik gratis BUMN dengan moda transportasi bus:

  1. Wonogiri
  2. Surakarta
  3. Klaten
  4. Kebumen
  5. Purworejo
  6. Sragen
  7. Boyolali
  8. Ngawi
  9. Grobogan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya