GoTo Resmi Punya Dewan Komisaris dan Direksi Baru, Ini Daftarnya

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Andre Soelistyo menuturkan, pemegang saham setuju usulan perubahan manajemen dalam RUPSLB Perseroan, Kamis (2/3/2023).

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 02 Mar 2023, 21:22 WIB
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Kamis (2/3/2023). (Foto: GoTo)

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah merampungkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Kamis 2 Maret 2023. Salah satu agenda yang dibahas dalam rapat adalah perombakan manajemen perseroan.

Direktur Utama GoTo, Andre Soelistyo mengatakan, pemegang saham menyetujui usulan perubahan manajemen yang diusulkan.

"Pemegang saham kami telah menyetujui perubahan jajaran komisaris dan direksi kami yang akan memperkuat fungsi pengawasan dan manajemen Perseroan, dalam rangka memasuki babak baru perjalanan Perseroan. Perubahan ini dibuat bersamaan dengan restrukturisasi organisasional dalam tubuh Perseroan yang juga termasuk penunjukan presiden unit bisnis,” kata Andre dalam keterangan resmi, Kamis (2/3/2023).

Para pemegang saham menyetujui beberapa perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan. Di antaranya, penunjukan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, Sugito Walujo, dan Winato Kartono sebagai Komisaris, serta Marjorie Tiu Lao sebagai Komisaris Independen. Kemudian penunjukan Nila Marita dan Pablo Malay sebagai Direktur.

Pengunduran diri Kevin Bryan Aluwi dari jabatannya sebagai Komisaris, dan pengunduran diri Anthony Wijaya dari jabatannya sebagai Direktur sekaligus bertransisi ke peran barunya sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.

Menyusul penutupan RUPSLB, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi GoTo Gojek Tokopedia adalah sebagai berikut, efektif sejak penutupan RUPSLB 2023:

Susunan Pengurus

Komisaris

Komisaris Utama: Garibaldi Thohir

Komisaris: William Tanuwijaya

Komisaris: Agus D. W. Martowardojo

Komisaris: Sugito Walujo

Komisaris: Winato Kartono

Komisaris: Wishnutama Kusubandio

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris Independen: Marjorie Tiu Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan

Direksi

Direktur Utama: Andre Soelistyo

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Melissa Siska Juminto

Direktur: Nila Marita

Direktur: Pablo Malay

Pada penutupan perdagangan saham Kamis, 2 Maret 2023, saham GOTO melemah terbatas 0,82 persen ke posisi Rp 121 per saham. Saham GOTO dibuka stagnan Rp 122 per saham. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 125 dan terendah Rp 120 per saham. Total frekuensi perdagangan 31.511 kali dengan volume perdagangan 28.662.840 saham. Nilai transaksi Rp 336 miliar.

2 dari 3 halaman

Pengumuman GOTO

Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Sebelum pelaksanaan RUPSLB, GoTo telah mengumumkan perubahan dalam struktur kepemimpinannya yang bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan memampukan sinergi lebih kuat seiring Perseroan mempercepat langkahnya menuju profitabilitas.

Perubahan dimaksud meliputi, penunjukan tiga presiden unit bisnis, Melissa Siska Juminto sebagai Presiden Unit Bisnis E-Commerce GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo sebagai Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, dan Hans Patuwo sebagai Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo.

Kemudian penetapan William Tanuwijaya sebagai Co-Chairman Dewan Komisaris Perseroan bersama Garibaldi Thohir, yang juga merupakan Komisaris Utama dan Co-Chairman. Serta penunjukan dua pemimpin baru untuk shared platform Grup GoTo, yaitu Severan Rault dan Ramesh Gururaja, yang masing-masing akan memimpin Divisi Teknologi (Technology Office) Shared Consumer Platform. 

 

3 dari 3 halaman

GOTO Hapus Satu Agenda RUPSLB, Kenapa?

Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melakukan perubahan susunan mata acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 2 Maret 2023. 

Direktur Utama GOTO Andre Soelistyo menjelaskan, untuk menyederhanakan proses pemungutan suara oleh para pemegang saham, Perseroan menghapuskan mata acara rapat 0ersetujuan pemegang saham independen atas anggota direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham seri B. 

"Terlepas dari dukungan yang diterima oleh Perseroan dari pemegang saham independen, namun untuk menyederhanakan proses pemungutan suara oleh para pemegang saham, Perseroan menghapuskan mata acara rapat ini dan akan mengusulkan mata acara tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan datang," tulis Andre dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (22/2/2023).

Dengan demikian, mata acara RUPSLB GOTO yang akan digelar, yakni persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen Perseroan, persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan, dan persetujuan pemegang saham atas perubahan anggaran dasar Perseroan, yaitu pasal 23 ayat (6) mengenai kewajiban pengumuman neraca dan laporan laba atau rugi dalam surat kabar.

Sementara itu, dalam mata acara persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen, GOTO akan mengangkat Marjorie Lao sebagai komisaris independen. 

Kemudian, untuk mata acara selanjutnya persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi GoTo Gojek Tokopedia.

Mata acara tersebut diadakan sehubungan dengan telah diterimanya pengunduran diri dari satu orang anggota dewan komisaris yang bukan merupakan komisaris independen dan satu orang anggota direksi serta akan terdapat pengangkatan beberapa anggota dewan komisaris Perseroan baru dan beberapa anggota direksi Perseroan. 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya