Tenteng Senjata, Polisi Haiti Gelar Aksi Protes di Ibu Kota

Sekelompok polisi Haiti melakukan protes terhadap pemerintah yang dinilai tidak mengambil tindakan tegas atas kematian 14 polisi oleh geng kriminal. Lebih dari 100 demonstran dilaporkan memblokir jalan, membakar ban, merusak kamera pengawas keamanan, dan kendaraan.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 27 Jan 2023, 12:12 WIB
Tenteng Senjata, Polisi Haiti Gelar Aksi Protes di Ibu Kota
Sekelompok polisi Haiti melakukan protes terhadap pemerintah yang dinilai tidak mengambil tindakan tegas atas kematian 14 polisi oleh geng kriminal. Lebih dari 100 demonstran dilaporkan memblokir jalan, membakar ban, merusak kamera pengawas keamanan, dan kendaraan.
Petugas polisi bersenjata dan bertopeng memaksa seorang pengemudi memarkir busnya untuk digunakan sebagai barikade saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Sekelompok polisi Haiti melakukan protes terhadap pemerintah yang dinilai tidak mengambil tindakan tegas atas kematian 14 polisi oleh geng kriminal. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Para pengunjuk rasa masuk ke dalam halaman bandara internasional selama demonstrasi untuk mengecam buruknya tata kelola polisi di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Radio Tele Metronome Haiti melaporkan bahwa para pengunjuk rasa mencoba untuk mengakses bandara dengan memecahkan jendela. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Seorang petugas polisi mencoba menenangkan petugas polisi lainnya yang mengenakan pakaian jalanan saat dia mencoba memasuki markas polisi saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Lebih dari 100 demonstran dilaporkan memblokir jalan, membakar ban, merusak kamera pengawas keamanan, dan kendaraan. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Petugas polisi memberi hormat kepada bendera Haiti setengah tiang dalam kompleks markas polisi saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Port-au-Prince dan sejumlah kota lain telah dilanda kekhawatiran selama berbulan-bulan terakhir menyusul meningkatnya perang yang mematikan antar geng. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Seorang wanita dengan putrinya berjalan melewati barikade yang didirikan oleh anggota polisi saat mereka memprotes tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Banyak bisnis dan sekolah tutup setelah aksi protes. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Petugas polisi bersenjata dan bertopeng bergerak maju dengan sepeda motor saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Media Haiti melaporkan bahwa penculikan pun meningkat tajam di negara itu sejak awal tahun. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Petugas polisi bersenjata dan bertopeng membuat seorang pengemudi truk memundurkan truknya untuk digunakan sebagai barikade saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Kelompok hak asasi manusia Haiti, Jaringan Nasional Pertahanan Hak Asasi Manusia, mengungkapkan bahwa 78 petugas polisi tewas sejak Henry berkuasa pada tahun 2021. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Petugas polisi membawa senjata saat protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Banyaknya geng kriminal disebut menjadi alasan di balik ketidakmampuan polisi Haiti menghentikan kekerasan. (AP Photo/Odelyn Joseph)
Petugas polisi membawa senjata di depan markas polisi selama protes untuk mengecam tata kelola polisi yang buruk di Port-au-Prince, Haiti, 26 Januari 2023. Pada Oktober 2022, pemerintah Henry mengimbau komunitas internasional mengirimkan pasukan keamanan multinasional untuk membantu memulihkan ketertiban. (AP Photo/Odelyn Joseph)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya