Bukit Kujau Sintang, 'Heart of Borneo' yang Memikat Hati

Pesona Bukit Kujau yang terletak di Dusun Sekujam Timbai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Dari atas ketinggian 1308 Mdpl, pengunjung dapat merasakan sensasi pemandangan hamparan pepohonan dengan udara yang sejuk.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 28 Jan 2023, 06:00 WIB
Bukit Kujau, Kabupaten Sintang/ Foto: Google Map- Rodinus 027

Liputan6.com, Jakarta - Pesona Bukit Kujau yang terletak di Dusun Sekujam Timbai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Dari atas ketinggian 1308 Mdpl, pengunjung dapat merasakan sensasi pemandangan hamparan pepohonan dengan udara yang sejuk.

Beragam jenis pohon tumbuh subur di wilayah tersebut. Bahkan, Bukit Kujau dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Heart of Borneo. Alamnya yang asri menambah daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Tempat ini sangat cocok bagi para pendaki. Namun, dibutuhkan usaha keras untuk sampai puncak. Ketika mendaki, pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan menanjak dengan kemiringan sekitar 80-100 derajat.

Dibawa pemandu yang merupakan masyarakat sekitar, pengunjung akan diajak jalan dengan jalur setapak yang menelusuri sisi tebing. Maka dari itu, selama proses pendakian napas dan fisik juga harus terjaga.

Bagi wisatawan yang mendaki ke puncak bukit, akan disuguhkan pemandangan sawah dan gunung. Pemandangan menarik tersebut sering didokumentasikan para traveller dalam bentuk foto dan video sebagai koleksi kenang-kenangan.

Tak jarang, para traveller sering membawa perlengkapan seperti kamera untuk mengabadikan momen seru tersebut. Tak heran, jika berfoto di Bukit Kujau pengunjung akan memperoleh hasil yang estetik dengan banyak pilihan spot unik.

Sementara untuk lokasi sendiri cukup jauh, disarankan bagi para wisatawan berangkat lebih awal dan membawa kendaraan pribadi. Apalagi akses jalan cukup sulit, karena masih banyak jalan yang belum diaspal menuju ke sana.

Bahkan jika datang dari daerah Kabupaten Sintang wisatawan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Pengunjung akan melewati rute Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah, kemudian menuju Dusun Sekujam Timbai.

Pengunjung yang hendak berwisata harus menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup sebelum datang ke lokasi. Sebab, warung yang menawarkan kuliner terletak cukup jauh dari area destinasi.

Selain itu, persiapkan semua peralatan seperti tikar atau alas karena di sekitar bukit belum tersedianya tempat penyewaan. Namun hal itu bukan menjadi masalah, sebab wisata alam tersebut menyimpan kecantikan alam yang luar biasa.

Apalagi, Bukit Kujau belum terjamah banyak tangan manusia, sehingga pengunjung akan merasakan ketenangan. Kondisi alamnya yang indah akan membuat pelancong merasa betah dan terkesima selama berada di sana.

 

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya