Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Technopark dan Mas Don Art Center

Solo Techno park, yang dikunjungi Jokowi saat ini menjadu pusat inovasi dan vokasi untuk daya saing daerah di Kota Solo. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hub untuk integrasi, kolaborasi antara akademika, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Jan 2023, 17:40 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Solo Technopark (STP) di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Senin (23/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Solo Technopark (STP) di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Senin (23/1/2023). Kedatangan Jokowi itu untuk melihat perkembangan yang ada di kawasan sains dan teknologi itu.

Saat tiba di lokasi, Jokowi disambut langsung oleh Pemimpin BLUD KST Solo Technopark, Yudhit Cahyantoro. Dari foto yang dibagikan, Jokowi tampak didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan putranya Jan Ethes, Kaesang Pangarep, serta kedua menantunya, Selvi Ananda, dan Erina Gudono.

"Bapak Presiden berkunjung ke kawasan STP untuk melihat perkembangan-perkembangan yang ada di kawasan sains dan teknologi, salah satunya adalah dengan adanya gedung baru yaitu Gedung Sembrani dan Gedung Gumarang," ujar Yudith dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (23/1/2023).

Yudith menjelaskan bahwa kedua gedung tersebut nantinya akan dipakai sebagai pusat perkantoran, pusat inkubasi bisnis, pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan layanan-layanan masyarakat lainnya yang ada di Kota Solo.

Solo Technopark sendiri adalah kawasan milik pemerintah Kota Surakarta sebagai pusat inovasi dan vokasi untuk daya saing daerah. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hub untuk integrasi, kolaborasi antara akademika, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media.

"Pak Presiden memberikan apresiasi yang sangat baik untuk Solo Technopark dan berharap Solo Technopark bisa menjadi role model nasional techno park di Indonesia," ungkapnya.

Dia pun berharap kawasan sains dan teknologi Solo Technopark bisa terus berkembang ke depannya. "Bisa terus melayani, dan bisa menjadi pusat ekosistem digital di Kota Surakarta," tutur Yudith.

Usai mengunjungi kawasan wisata Solo Safari dan Solo Technopark, Jokowi bersama Gibran dan Jan Ethes mengunjungi Mas Don Art Center yang ada di Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Mas Don Art Center merupakan ruang kreatif yang digunakan untuk menyimpan arsip-arsip sejarah para pelopor bangsa dan penunjang kegiatan seni budaya di Kota Surakarta.

 

 

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Potensi Pariwisata Solo

Presiden Jokowi bersama Gibran dan Jan Ethes mengunjungi Mas Don Art Center yang ada di Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. (Istimewa)

Sardono W Kusumo, pemilik sekaligus pendiri Mas Don Art Center menjelaskan bahwa kunjungan tersebut sebagai bentuk ketertarikan Jokowi terhadap hasil kreativitas para pelaku budaya yang ada di Kota Surakarta.

"Pak Jokowi tertarik mungkin maka beliau datang ke sini," ujar Sardono dalam keterangannya.

Sardono juga menjelaskan bahwa Mas Don Art Center dibangun dalam rangka memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat terkait berbagai hal. Melalui sebuah karya seni, pengetahuan sejarah bangsa hingga masalah global ditampilkan.

"Supaya publik itu mendapatkan juga wacana-wacana kita sampaikan di dalam lukisan, mural, dan semuanya itu mudah dicerna di masyarakat," ungkap Sardono.

Sardono pun menegaskan Mas Don Art Center akan berkomitmen untuk terus ikut serta dalam meningkatkan potensi pariwisata Kota Surakarta melalui penataan ruang publik yang dilengkapi keindahan visual berupa lukisan dan mural.

Tidak hanya jalan besar, lukisan juga akan memperindah gang-gang kecil di sekitar Kota Surakarta.

"Betul-betul lukisan bukan coret-mencoret," ucap dia.

 

Infografis . Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya