Korsel: Kemunculan Putri Kim Jong-un Jadi Sinyal Pewaris Kekuasaan di Korea Utara

Langkah Kim Jong-un membawa serta putrinya dalam sejumlah acara publik dinilai merupakan upaya untuk menunjukkan kepada rakyat Korea Utara bahwa sang anak akan mewarisi kepemimpinannya.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2023, 19:03 WIB
Foto yang dirilis pada 19 November 2022 ini menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan putrinya memeriksa lokasi peluncuran rudal di Bandara Internasional Pyongyang di Pyongyang, Jumat (18/11/2022). Ini adalah kali pertama, Kim membawa anaknya di hadapan publik. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Liputan6.com, Pyongyang - Kemunculan putri Kim Jong-un dalam beberapa acara publik terbaru diyakini merupakan upaya untuk menunjukkan kepada rakyatnya bahwa sang anak akan mewarisi kekuasaan di Korea Utara. Hal tersebut diungkapkan Badan Intelijen Korea Selatan kepada anggota parlemen negara tersebut pada Kamis 5 Januari 2023.

Jika hal tersebut terjadi, itu akan menjadi peralihan kekuasaan ketiga secara turun-temurun di Korea Utara.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kim Jong-un secara terbuka membawa putrinya ke tiga acara, yaitu situs peluncuran rudal, sesi foto dengan ilmuwan senjata, dan tur ke fasilitas rudal. Media Korut menyebut putri yang dibawa Kim Jong-un itu sebagai "anak yang paling dicintai", ungkapan yang memicu perdebatan tentang apakah sosoknya yang akan dipersiapkan sebagai pewarisnya.

Putri Kim Jong-un itu sendiri diyakini baru berusia sekitar sembilan atau 10 tahun.

Dalam rapat tertutup komite parlemen, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengatakan dengan membawa putrinya ke tempat-tempat umum, Kim Jong-un tampaknya ingin menunjukkan tekadnya kepada warga Korea Utara untuk mengadakan putaran peralihan kekuasaan secara turun-temurun. Demikian diungkapkan Yoo Sang-bum, salah seorang anggota parlemen yang menghadiri pengarahan NIS.

Mengutip NIS, Yoo mengatakan, meskipun putri Kim Jong-un yang bernama Ju Ae itu dibawa untuk menghadiri beberapa acara publik, namun tidak berarti ia akan menjadi pewaris Kim Jong-un. Ju Ae merupakan anak Kim Jong-un yang pertama ditampilkan ke publik.

Media Korea Selatan melaporkan Kim Jong-un memiliki tiga anak, yang lahir pada tahun 2010, 2013, dan 2017. Anak pertama adalah laki-laki, sementara anak ketiga perempuan.

Dalam penilaian awal mengenai kemunculan putri Kim Jong-un pada November lalu, NIS mengatakan kepada parlemen Korea Selatan bahwa itu adalah anak kedua Kim Jong-un yang bernama Ju Ae dan berusia sekitar 10 tahun.

Kehadiran Ju Ae di lokasi peluncuran rudal, sebut NIS, mencerminkan niat Kim Jong-un untuk melindungi keamanan generasi masa depan Korea Utara dalam menghadapi kebuntuan dengan Amerika Serikat.

Ju Ae adalah anak Kim Jong-un yang pernah ditemui oleh mantan bintang NBA Dennis Rodman ketika ia berkunjung ke Pyongyang pada 2013. Setelah kunjungan ke Pyongyang itu, Rodman mengatakan kepada surat kabar Inggris, Guardian, bahwa ia bersama Kim Jong-un "bersantai di tepi laut" dengan keluarga pemimpin Korut itu dan ia sempat menggendong bayi perempuan Kim Jong-un yang bernama Ju Ae.

Kim Jong-un, yang akan berusia 39 tahun pada Minggu (8/1), adalah generasi ketiga dari keluarganya yang secara berturut-turut memerintah Korea Utara sejak negara itu berdiri pada 1948. Ia mewarisi kekuasaan dari ayahnya, Kim Jong-il, yang meninggal dunia pada Desember 2011.

Kim Jong-il mengambil alih kekuasaan ketika ayahnya – dan sekaligus pendiri negara itu – Kim Il Sung, meninggal dunia pada 1994.

2 dari 4 halaman

Korea Utara Dilaporkan Pecat Eks Menlu

Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho (AFP)

Sementara itu, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan telah 'menyingkirkan' mantan menteri luar negeri yang memainkan peran penting dalam pertemuan puncak (KTT) dengan mantan Presiden AS Donald Trump pada 2018 dan 2019. Hal tersebut diungkapkan anggota parlemen Korea Selatan pada Kamis (5 Januari) dengan mengutip pejabat intelijen.

Ri Yong-ho tidak terlihat oleh publik sejak pembicaraan denuklirisasi dengan Washington terhenti setelah pertemuan puncak yang gagal pada awal 2019 di Vietnam. Media Jepang Yomiuri Shimbun yang mengutip sumber tanpa nama melaporkan pada Rabu 4 Januari 2022 bahwa dia dieksekusi tahun lalu.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Ri telah 'singkirkan' tetapi tidak jelas apakah dia dieksekusi, kata Yoo Sang-bum, anggota komite intelijen parlemen.

"Mereka mengonfirmasi pembersihan Ri tetapi bukan eksekusinya," kata Yoo kepada wartawan setelah pengarahan oleh agen mata-mata.

Yoo mengatakan agensi tidak menjelaskan mengapa Ri 'disingkirkan', dan anggota parlemen tidak dapat mengonfirmasi laporan Yomiuri Shimbun yang juga mengatakan beberapa diplomat lain yang pernah bekerja di Kedutaan Besar Korea Utara di Inggris juga dieksekusi.

Ri terakhir diberitakan di media pemerintah Korea Utara pada April 2020, ketika dia dicopot dari State Affairs Commission (Komisi Urusan Negara), badan pembuat keputusan tertinggi yang diketuai oleh Kim Jong-un. Dia dipecat dari pekerjaan diplomat tertinggi beberapa bulan sebelumnya.

Seorang diplomat karier yang yang berpengalaman bertahun-tahun dalam negosiasi nuklir, Ri menemani Kim Jong-un ke Singapura dan Hanoi untuk pertemuan puncak dengan Donald Trump pada tahun 2018 dan 2019.

Ri mengadakan konferensi pers tak lama setelah KTT Hanoi berantakan, mengatakan Kim Jong-un telah membuat "proposal realistis", tetapi Trump menuntut lebih banyak konsesi.

3 dari 4 halaman

'Kabar Angin' Eksekusi Tokoh di KTT Gagal

Ilustrasi Korea Utara (AP)

Ada juga laporan media tentang eksekusi beberapa pejabat Pyongyang yang terlibat dalam KTT yang gagal, tetapi beberapa akhirnya muncul kembali di media pemerintah setelah beberapa saat.

Yoo juga mengatakan bahwa agen mata-mata mengaitkan pemecatan Pak Jong Chon baru-baru ini, yang pernah menjadi pejabat militer terkuat kedua setelah Kim, karena kurangnya kesiapan selama pelatihan dan kurangnya kepemimpinan.

"Kim telah menggantikan pimpinan militer sama sekali, dan itu pada akhirnya ditujukan untuk memperketat cengkeramannya atas militer," kata Yoo.

Dikutip Channel News Asia, Senin 2 Januari 2022, Pak, wakil ketua Komisi Militer Pusat Partai Buruh yang berkuasa dan sekretaris Komite Pusat partai, digantikan oleh Ri Yong Gil pada pertemuan tahunan komite pekan lalu, kata kantor berita resmi KCNA, Minggu 1 Januari.

Pyongyang secara teratur mengubah kepemimpinannya dan pertemuan pesta akhir tahun sering digunakan untuk mengumumkan perombakan personel dan keputusan kebijakan utama.

Televisi negara menunjukkan bahwa Pak duduk di barisan depan podium dengan kepala tertunduk selama pertemuan sementara anggota lain mengangkat tangan untuk memberikan suara pada masalah kepegawaian. Kursinya kemudian terlihat kosong.

Dia juga absen dalam foto yang dirilis pada hari Senin oleh kantor berita resmi KCNA tentang kunjungan Hari Tahun Baru Kim ke Istana Matahari Kumsusan yang menampung jenazah kakek dan ayahnya, tidak seperti pada bulan Oktober ketika Pak menemani Kim dalam perjalanan ke istana untuk menandai hari jadi pesta.

Komisi Militer Pusat partai, yang dipimpin oleh Kim, dianggap sebagai badan pembuat keputusan militer paling kuat di negara itu, di atas kementerian pertahanan.

Pengganti Pak datang saat Kim menyerukan pengembangan rudal balistik antarbenua baru dan persenjataan nuklir yang lebih besar untuk melawan Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai kunci strategi pertahanan 2023 negara yang terisolasi itu.

4 dari 4 halaman

Korea Utara Larang Pelancong Asal China Masuk Negaranya, Khawatir Gelombang Baru COVID-19?

Ilustrasi Korea Utara (AFP)

Bicara soal Korea Utara, negara tersebut juga ternyata ikut jejak sejumlah negara untuk memberlakukan larangan total terhadap pengunjung dari negara sekutu dan tetangganya itu.

“Warga China untuk sementara dilarang masuk,” demikian pernyataan yang diunggah di situs Badan Imigrasi Nasional China.

“Semua penumpang yang baru tiba (dari China), termasuk warga Korea Utara, harus menjalani karantina dan observasi selama 30 hari.”

Belum jelas kapan atau berapa lama Korea Utara akan memberlakukan larangan itu, dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (31/12/2022).

Beberapa negara telah mengumumkan larangan baru terhadap pelaku perjalanan dari China, sejak Beijing pada minggu ini mengumumkan berakhirnya karantina wajib bagi para pelaku perjalanan yang masuk ke negara tersebut dan mengizinkan warga China untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Kebijakan tersebut memicu lonjakan jumlah penumpang asal China yang bepergian ke luar negeri.

Pada saat yang sama, pelonggaran lockdown dan kebijakan nol-COVID lainnya disusul oleh kenaikan kasus baru COVID yang pesat di China, sehingga meningkatkan kekhawatiran munculnya varian-varian baru virus corona penyebab COVID yang lebih berbahaya.

Larangan yang diberlakukan Korea Utara itu jauh lebih berani dibandingkan kebijakan serupa yang diambil oleh sejumlah negara lainnya, di mana kebanyakan dari mereka hanya mengharuskan penumpang asal China untuk menunjukkan bukti negatif hasil tes COVID-19.

"Baru-baru ini, sejumlah negara telah mengadopsi berbagai kebijakan untuk mengontrol area perbatasan mereka untuk mencegah perebakan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona," demikian bunyi pengumuman yang dipajang di situs Imigrasi Nasional China.

Infografis Ledakan Kasus Covid-19 di Korea Utara. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya