KPU Kota Probolinggo Kemas Sosialisasi Parpol Peserta Pemilu dengan Penampilan Seni

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo mulai mensosialisasikan Partai Politik peserta Pemilu 2024 kepada masyarakat. Hal itu setelah KPU pusat menetapkan nomor urut undian partai yang lolos mengikuti pemilu 2024 akan datang.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 28 Des 2022, 06:00 WIB
Tarian Kapang Mayong Pengrajeh yang merupakan tarian khas Kota Probolinggo iringi sosialisasi partai politik peserta Pemilu 2014 (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo mulai mensosialisasikan partai politik peserta Pemilu 2024 kepada masyarakat setelah ditetapkan nomor urut undian partai yang lolos. Sosialisasi tersebut dikemas dengan pagelaran seni dan budaya Probolinggo.

Acara sosialisasi partai politik peserta pemilu tersebut dibuka dengan tampilan menarik Lakak Perkusi yang membawakan lagu Probolinggo dan Tarian Kapang Mayong Pengrajeh.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengatakan, sosialisasi dengan konsep seperti ini bukan sesuatu yang tiba-tiba. Di tahun 2020-2021 melalui komunikasi intensif KPU melakukan silaturrahmi dengan berbagai stakeholder, salah satunya Dewan Kesenian Kota Probolinggo. Pihaknya menggap Keberadaan Seni budaya punya peran besar.

Kata dia, pemilu tidak hanya pemungutan suara saja, pemilu juga bukan persoalan pemilihan calon anggota legeslatif, presiden-wakil presiden dan kepala daerah. Namun pemilu berbicara tentang kreativitas, kontribusi dan partisipasi segenap anak negeri untuk memastikan bahwa kedaulatanya penting dalam perjalanan membangun bangsa.

“Ternyata apa yang ditampilkan tadi banyak pesan moral yang perlu direnungkan. Melalui gerak tari dan musik ini adalah salah satu bentuk aktif yang positif terhadap bangsa dan negara. Tidak terkecuali dalam rangka membangun demokrasi yang sehat dan kondusif. Sehingga apapun sosialisasi yang diselenggarakan KPU nantinya juga akan menggandng dari pihak Dewan Kesenian,” ujar Hudri, Selasa (27/12/2022).

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Gogol Sudjarwo mengatakan, penetapan partai politik dan nomor urut peserta ini adalah langkah awal dari pester demokrasi. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi secara massif, agar masyarakat mengetahuinya

“Pemilu merupakan proses politik untuk memilih wakil rakyat dalam proses pembangunan bangsa dan negara 5 tahun kedepan. Di satu sisi pemilu merupakan momentum untuk memperbaiki kondisi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” kata Gogol.

 

2 dari 2 halaman

Parpol dan Nomer Urut pada Pemilu 2024

Kata Gogol, Pemilu yang berkualitas dan berintegritas, akan menghasilkan wakil rakyat yang Amanah dan berkualitas. Hal ini juga berpengaruh dalam kelangsungan penyelenggaraaan negara.

“Untuk itu kami berpesan kepada semua pihak baik para penyelenggara, peserta maupun pemilihan agar dapat mensukseskan pemilu 2024 dengan Amanah dan kondusif,”paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Gogol juga mengapreasiasi inovasi kreativitas KPU dalam mengemas sosialisasi dengan menarik dan unik. “Tentunya pemerintah merasa senang. Mengapresiasi upaya-upaya KPU dengan menggandeng Dewan Kesenian, sehingga juga dapat menampilkan karya- karya anak muda di Kota Probolinggo,” pungkasnya.

Dafar Parpol dan Nomer Urut pada Pemilu 2024

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

4. Partai Golongan Karya (Golkar)

5. Partai Nasional Demokrat (NasDem)

6. Partai Buruh

7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora)

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

11. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda)

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

13. Partai Bulan Bintang (PBB)

14. Partai Demokrat

15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

16. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

 

 

Infografis Jadwal dan Usulan Tahapan Pemilu Serentak 2024 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya