7 Ras Anjing Kecil Paling Populer, Cocok Jadi Sahabat yang Bisa Dibawa-bawa

Anjing merupakan hewan peliharaan yang setia dan menggemaskan, simak 7 ras anjing kecil yang populer di 2022 dan bisa kamu adopsi.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 28 Des 2022, 16:30 WIB
Anjing komondor bersaing dalam Westminster Kennel Club Dog Show ke-144 di New York, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020). Westminster Kennel Club Dog Show ke-144 berlangsung pada tanggal 8 hingga 11 Februari 2020. (AP Photo/John Minchillo)

Liputan6.com, Jakarta - Selain kucing, anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dimiliki orang. Tingkahnya yang menggemaskan, pintar, serta kesetiaannya merupakan salah satu alasan di balik mengapa banyak orang lebih memilih untuk anjing. 

Anjing dengan ras anjing kecil yang lucu dan menggemaskan adalah salah satu contoh pilihan banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan. 

Memiliki anjing sebagai peliharaan tentunya membuat hari-harimu lebih berwarna. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di pagi hari ataupun sore hari sambil menikmati udara luar. Kamu pun tidak akan kesepian saat sendirian di rumah.

Selain karena alasan di atas, berbeda dengan anjing besar, anjing kecil memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Rata-rata hidup anjing kecil berkisar 12 sampai 14 tahun sedangkan anjing yang lebih besar biasanya sekitar 11-12 tahun. 

Selain itu, umumnya, ras anjing kecil membutuhkan lebih sedikit makanan, yang dapat membuat mereka lebih murah dibanding anjing besar. 

Bagi banyak orang, cinta7  dan kegembiraan yang diberikan oleh anjing kecil, apakah itu mengejar mainan atau meringkuk di pangkuan yang hangat, adalah pertimbangan yang paling penting.

Jadi, apa saja ras anjing terkecil di dunia? Ada puluhan ras anjing kecil, tetapi kini kita akan membahasnya tanpa urutan tertentu. 

Mengutip How Stuff Work, Selasa (26/12/2022), berikut adalah tujuh ras anjing yang paling populer, termasuk satu ras anjing kecil yang mendapatkan status resmi pada tahun 2022.

2 dari 8 halaman

1. Russian Toy

Anjing Russian Toy. (AKC)

Pada 2022, American Kennel Club (AKC) mengakui anjing Russian Toy dengan memberikan status ras resmi. Trah kecil ini, meskipun dapat memiliki bulu pendek atau panjang, dikenal karena telinganya yang besar dan tegak yang memiliki bulu halus yang panjang.

Telinganya dapat terlihat sedikit seperti ekor kuda poni, menonjolkan hidung gumdrop ebony dan mata bulat khas ras ini. Russian Toy Dog tumbuh hingga 11 inci (28 sentimeter) dan beratnya hanya 6,5 pon (3 kilogram) paling banyak.

Tapi, mereka mengimbangi ukurannya yang kecil dengan kecerdasan yang cukup besar dan umumnya mudah untuk dilatih.

Anak anjing kecil ini, yang akhirnya diakui oleh American Kennel Club, menjadi hewan peliharaan keluarga yang menyenangkan, mereka sangat senang mengejar mainan yang dilemparkan di halaman belakang seperti halnya mereka bersantai di pangkuan. Bulu mereka bervariasi mulai dari warna merah sable dan cokelat seperti rubah hingga hitam dan cokelat.

3 dari 8 halaman

2. Maltese

Anjing Maltese. (Wikimedia Commons)

Maltese, dengan berat hingga 7 pon (3,17 kilogram) dan tinggi hingga 9 inci (23 sentimeter), dikenal karena bulu putih mereka yang terurai seperti rambut. Bulu putih mereka yang mencolok membuat mereka tampak mewah dengan mata obsidian dan hidung kancing eboni yang menambah pesonanya.

Tak heran jika para bangsawan Kekaisaran Romawi mengembangbiakkan mereka sebagai simbol status dan pendamping yang modis. Saat ini, Maltese masih menampilkan bulu putih mereka yang lebat, meskipun mereka juga memiliki bulu berwarna putih dan lemon, atau putih dan coklat.

Terlepas dari penampilannya yang imut, Maltese adalah anjing tangguh yang dapat menjadi pengawas yang hebat dan jago berkompetisi di lapangan ketangkasan.

4 dari 8 halaman

3. Chihuahua

Anjing Chihuahua. (Wikimedia Commons)

Predikat ras anjing terkecil di dunia jatuh kepada Chihuahua, dengan berat maksimal 6 pon (2,7 kilogram). Tinggi rata-rata Chihuahua adalah 9 inci (23 sentimeter).

Struktur tulang mereka yang halus tidak membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak karena anjing ini rentan terhadap cedera ketika tidak ditangani dengan lembut. Chihuahua memiliki bulu pendek atau bulu panjang, tetapi semuanya memiliki telinga yang khas dan waspada, serta mata yang besar.

Anjing yang setia dan lincah ini - mereka memiliki kepribadian yang besar dan suka bermain dengan sesama Chihuahua - dapat memiliki bulu yang solid mulai dari hitam ke putih dan merah ke cokelat, atau mereka dapat memiliki kombinasi dari dua warna.

Trah ini secara umum diperkirakan berasal dari daerah yang menjadi asal-usulnya: Chihuahua, Meksiko. Namun, teori asal-usul lainnya beragam, dengan beberapa orang percaya bahwa anjing kecil ini dibawa dari Malta oleh penakluk Spanyol atau pertama kali terlihat di Tiongkok.

5 dari 8 halaman

4. Pomeranian

Anjing Pomeranian. (AKC)

Pomeranian adalah ras mainan yang dinamai sesuai dengan wilayah asal ras ini, yaitu Eropa timur laut di tempat yang sekarang menjadi Polandia dan Jerman barat. Pom, sebagaimana mereka sering disebut, menjadi populer sebagai hewan peliharaan pilihan Ratu Inggris Victoria (1819-1901) dan telah menjadi hewan peliharaan yang waspada, setia, dan ramah bagi keluarga di seluruh dunia.

Pomeranian adalah keturunan kecil dari ras anjing spitz yang dulunya dibesarkan untuk bekerja di salju, seperti Akita, Alaskan Malamute, dan Samoyed. Wajah mereka yang cantik dan halus tampak seperti rubah dan ekor mereka yang melengkung menekankan sifat ingin tahu mereka.

Anjing kecil ini memiliki tinggi hingga 11 inci (28 sentimeter) dan berat 3 hingga 7 pon (2,7 hingga 3,17 kilogram), dengan bulu tebal dan halus berwarna hitam, putih, merah, oranye, belang-belang, atau variasinya.

6 dari 8 halaman

5. Shih Tzu

Anjing Shih Tzu. (Pixabay)

Awalnya dikembangbiakkan untuk menjaga para bangsawan dan kaisar, Shih Tzu menjadi salah satu ras anjing yang paling populer di dunia. Para pemelihara anjing kekaisaran awalnya mengembangkan jenis kecil Shih Tzu (yang berarti "anjing singa") untuk kaisar Tiongkok dan keluarga mereka.

Trah ini sebagian besar disimpan di balik tembok istana sampai tahun 1930-an, ketika peternak di Tiongkok dan Inggris pertama kali mengembangkan populasi mereka.

Dengan berat hingga 16 pon (7 kilogram) dan tinggi hingga 11 inci (28 sentimeter), anjing cantik berbulu panjang dengan mata besar, ekspresif, dan kepribadian yang nakal ini, terus disukai melebihi anjing lain dalam keluarga pecinta hewan peliharaan.

7 dari 8 halaman

6. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier. (Unsplash)

Dengan tinggi badan yang hanya 8 inci (20 sentimeter), Yorkshire terrier memiliki sikap yang sangat berani. Dengan berat sekitar 7 pon (3,17 kilogram), Yorkies, seperti yang biasa mereka kenal, penuh kasih sayang dan suka bermain dan menikmati pelukan. 

Yorkshire terrier berasal dari Inggris dan dikembangbiakkan untuk menjadi pemburu hewan pengganggu yang kuat. Saat ini, banyak Yorkies menikmati hidup sebagai hewan peliharaan keluarga. Karena mereka tidak toleran terhadap cuaca dingin, mereka sering terlihat mengenakan sweater atau mantel yang bergaya.

8 dari 8 halaman

7. Japanese Chin

Japanese Chin. (AKC)

Japanese Chin berukuran kecil, dengan berat 4 sampai 9 pon (1,8 sampai 4 kilogram), dan tinggi rata-rata Japanese Chin adalah 11 inci (28 sentimeter). Biasanya memiliki bulu yang panjang dan halus serta berkilau, dengan warna hitam-putih, lemon-putih, musang-putih, atau warna rangkap tiga yaitu hitam, cokelat, dan putih. 

Trah ini diyakini berasal dari Tiongkok atau Korea lebih dari 1.000 tahun yang lalu dan pertama kali diakui oleh American Kennel Club pada 1888. Dikenal dengan kualitasnya yang mirip kucing, telinga floppy dan wajah yang rata, Japanese Chin sering ditemukan meringkuk di pangkuan

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya