Joe Biden Resmi Tanda Tangan UU yang Lindungi Hak Pernikahan LGBTQ

Presiden AS Joe Biden telah menandatangani UU yang melindungi hak pernikahan kaum LGBTQ.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 14 Des 2022, 09:30 WIB
Presiden AS Joe Biden memberikan reaksi atas penembakan SD di Texas. Penembakan itu adalah yang terburuk dalam sejarah Texas. Dok: VOA Indonesia

Liputan6.com, Washington - Presiden Joe Biden telah menandatangani undang-undang yang melindungi pernikahan sesama jenis dan antar ras di Amerika Serikat. Ini pun menjadi sebuah langkah yang disambut baik oleh para pembela hak asasi sebagai langkah penting di tengah kekhawatiran akan potensi kemunduran dan ancaman terhadap komunitas yang terpinggirkan.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (14/12/2022), Biden menandatangani RUU penting, yang dikenal sebagai Undang-Undang Penghormatan terhadap Perkawinan, menjadi undang-undang selama upacara di halaman Gedung Putih pada Selasa sore yang menarik ribuan pendukung, termasuk legislator Demokrat terkemuka.

"Hari ini adalah hari yang baik. Suatu hari Amerika mengambil langkah penting menuju kesetaraan, menuju kebebasan dan keadilan tidak hanya untuk beberapa orang, tetapi untuk semua orang – semua orang,” kata Biden, berterima kasih kepada mereka yang mendorong “kesetaraan dan keadilan” di AS selama bertahun-tahun.

“Undang-undang ini dan cinta yang dipertahankannya menyerang kebencian dalam segala bentuknya, dan itulah mengapa undang-undang ini penting bagi setiap orang Amerika, tidak peduli siapa Anda dan siapa yang Anda cintai,” katanya.

DPR AS meloloskan undang-undang bipartisan pada 8 Desember setelah pemungutan suara yang sukses di Senat AS pada akhir November.

2 dari 4 halaman

Undang-Undang Baru

Bendera lambang komunitas LGBT

Undang-undang tersebut mencegah negara bagian untuk menolak “pernikahan di luar negara bagian atas dasar jenis kelamin, ras, etnis, atau asal kebangsaan” dan undang-undang tersebut “mencabut dan mengganti” undang-undang federal yang ada yang mendefinisikan pernikahan sebagai antara individu dari lawan jenis.

Legislator dari Partai Demokrat dan Republik bersatu untuk meloloskan Undang-Undang Penghormatan terhadap Perkawinan setelah Mahkamah Agung AS yang bermayoritas konservatif membatalkan hak aborsi yang telah berlangsung lama pada bulan Juni, memicu kekhawatiran akan langkah-langkah potensial untuk mengekang pernikahan sesama jenis dan antar ras juga.

3 dari 4 halaman

Legalisasi Pernikahan Sejenis

Ilustrasi LGBT(SatyaPrem/Pixabay).

Dalam pendapat yang sejalan dalam kasus yang membatalkan putusan hak aborsi Roe v Wade yang penting , Hakim Agung Clarence Thomas menyarankan untuk meninjau kembali keputusan lain, termasuk legalisasi pernikahan gay.

Keputusan Mahkamah Agung tahun 2015, Obergefell v Hodges, mengesahkan serikat sesama jenis secara nasional, sementara keputusan Loving v Virginia tahun 1967 membatalkan undang-undang di 16 negara bagian AS yang melarang pernikahan antar ras.

“Kongres bertindak karena Mahkamah Agung yang ekstrem telah mencabut hak penting bagi jutaan orang Amerika yang telah ada selama setengah abad,” kata Biden pada hari Selasa, merujuk pada keputusan untuk menggulingkan Roe.

4 dari 4 halaman

Bersejarah

Kaum LGBT bersorak saat menggelar unjuk rasa menolak kedatangan Presiden AS Donald Trump saat demonstrasi di dalam kampus universitas negeri di kota Los Banos, provinsi Laguna, Manila, Filipina (9/11). (AFP Photo/Ted Aljibe)

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre, yang dirinya membuat sejarah sebagai orang gay pertama yang memegang jabatan itu, menggembar-gemborkan undang-undang itu sebagai "bersejarah" menjelang upacara penandatanganan.

Undang-undang tersebut “akan memberikan ketenangan pikiran bagi jutaan LGBTQI+ dan pasangan antar ras yang pada akhirnya akan dijamin hak dan perlindungan yang menjadi hak mereka dan anak-anak mereka”, katanya pada hari Senin.

Ratusan ribu pasangan sesama jenis telah menikah sejak keputusan Mahkamah Agung tahun 2015  untuk melegalkan serikat semacam itu di AS. Penerimaan publik juga meningkat secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir, dengan jajak pendapat sekarang menunjukkan mayoritas kuat orang mendukung pernikahan sesama jenis.

Namun, beberapa konservatif dan hak beragama tetap menentang.

Infografis Yuk Ketahui 5 Fakta Penting Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya