Selena Gomez Ungkap Makna Empati pada Ost Film Dokumenternya yang Berjudul My Mind & Me

Selena Gomez ungkap makna lagu di film dokumenternya yang menceritakan tentang dirinya.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 04 Des 2022, 07:00 WIB
Selena Gomez saat tiba di acara tahunan kedua Academy Museum di Academy Museum of Motion Pictures di Los Angeles, Amerika, Sabtu (15/10/2022). Lama tak terlihat, Selena Gomez tampil anggun dan menawan dengan balutan busana serba hitam. (Jon Kopaloff/Getty Images via AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Bersamaan dengan film dokumenternya, pada 3 November 2022 lalu Selena Gomez merilis lagu baru berjudul 'My Mind & Me' yang menjadi OST dari film tersebut. 

Menjadi original soundtrack dari film Selena Gomez 'My Mind & Me' yang akan tayang 4 November di Apple TV+, lagu ini berisi tentang cerita yang sejalan dengan isi dokumenter tersebut.

Dalam liriknya, Selena menyiratkan bahwa terkadang pikiran kita sendiri bisa lebih kejam dari orang lain. Ia juga menceritakan bagaimana ia kerap berkelahi dengan pikirannya sendiri tentang hal-hal yang membuatnya merasa tak pantas. Namun, ia tersadar bahwa apa yang membuatnya cemas bukanlah kenyataan sebenarnya, melainkan apa yang ada di pikirannya. 

Rabu (2/12/2022) lalu, mengutip Variety, Selena Gomez menceritakan pada lirik "If somebody sees me like this, then they won’t feel alone now” ia memperlihatkan empatinya. 

Lagu tersebut bermaksud untuk memberikan pesan dan memperlihatkan empati kepada siapa saja yang berjuang dengan kesehatan mental. “Itulah yang saya rasa. Saya ditakdirkan untuk melakukannya,” kata Selena Gomez kepada Variety

“Saya bermaksud untuk mengatakan ‘Hei, saya tau bagaimana rasanya, saya juga benci perasaan itu’,” tambahnya. Disutradarai oleh Alek Keshishian, "Selena Gomez: My Mind & Me" mengisahkan enam tahun kehidupan mantan bintang cilik Disney saat dia berjuang melawan depresi dan kecemasan. Film ini menampilkan dirinya dalam keadaan tekanan emosional seraya berurusan dengan gangguan fisik yang disebabkan oleh lupus.

2 dari 4 halaman

Kolaborator Musik My Mind & Me

Selena Gomez on My Mind and Me (Apple TV+)

Selena dan para kolaborator dalam lagunya juga mengatakan bahwa ternyata tak satu pun dari lima kolaborator Gomez dalam lagu tersebut bahwa lagunya dikerjakan sebelum mereka menonton film dokumenter tersebut. Amy Allen, Jon Bellion, Michael Pollack, Stefan Johnson, dan Jordan K. Johnson mengaku mengerjakan lagu ini melalui kejujuran Gomez. 

"Selena menceritakan kepada kami bagian mana dari kehidupannya yang akan dibahas dalam film dokumenter tersebut, serta catatan harian dan puisi-puisinya yang intim," kata Pollack kepada Variety.

Dikenal sebagai selebriti internasional yang sering menggaungkan tentang kesehatan mental dan pentingnya mencintai diri sendiri. Gomez mengatakan bahwa dia tidak ragu-ragu untuk menceritakan catatan hariannya kepada tim demi pembuatan lagu ini.

“Di satu sisi, hal tersebut dapat membuat saya lebih mudah menyampaikan apa yang saya rasakan. Saya pikir kejujuran yang datang dari satu tempat akan menghasilkan musik terbaik,” tambah Pollack.

Lagu ini ditulis dan direkam selama empat hari di sebuah rumah di Palm Springs.

“Begitu kami mengetahui konsep mneyeluruh tentang lagu dan perasaan ini, lagu itu seperti tertulis dengan sendirinya. Rasanya, seperti mimpi. Karena sangat jarang sebuah lagu bisa keluar secara alami,” ujar Allen.

3 dari 4 halaman

Merasa Sangat Terhubung Dengan Lagu Barunya

Drama misteri Only Murders in the Building yang dibintangi Steve Martin, Martin Short, dan Selena Gomez. (Hulu via IMDb)

Meski liriknya mentah dan rentan, Gomez mengatakan bahwa merekam lagu untuk dokumenternya ternyata lebih mudah daripada yang dia bayangkan. 

"Saya merasa sangat terhubung dengan apa yang saya nyanyikan dan apa yang saya katakan. Sejujurnya, itu adalah terapi bagi saya," lanjut Gomez.

"My Mind & Me" telah menjadi bagian dari perbincangan Oscar tahun ini sebagai nominasi lagu orisinil disamping lagu-lagu dari Taylor Swift, Rihanna, Lady Gaga dan Joe Jonas. 

Gomez juga menegaskan bahwa dia sedang mengerjakan musik baru setelah perilisan lagu dan film dokumenternnya bulan lalu. 

"Sejujurnya, saya mengalami kesulitan mengerjakan musik dalam beberapa tahun terakhir karena serial 'Only Murders in the Building,'” katanya. 

4 dari 4 halaman

Sempat Ragu untuk Rilis Film Dokumenter 'My Mind and Me'

Tutorial Makeup Harian Selena Gomez untuk Wajah Segar (Instagram @selenagomez)

Sebelum merilis film dokumenternya, Selena sempat merasa sangat gugup hingga hampir memutuskan untuk tidak mengeluarkan film tersebut. Melansir Bustle (09/11), dirinya tidak yakin bisa merilis film tersebut.

Namun, pada akhirnya setelah ia menyadari dampak film dokumenter tersebut terhadap orang lain, Selena pun berubah pikiran. Selena membayangkan orang-orang yang menyaksikan dokumenternya dan bagaimana hidup serta sudut pandang mereka akan berubah setelah menyaksikan film tersebut.

Akhirnya, Selena memutuskan untuk merilis film tersebut pada awal November 2022. Pemain serial Only Murders in the Building ini mengungkapkan harapannya melalui unggahan foto di Instagram.

"Aku harap dengan menceritakan kisahku bisa membantu orang lain untuk menceritakan kisah mereka," tulis Selena dalam kolom caption.

Selain itu, latar belakang dari dokumenter ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat Selena merasa ragu. Dirinya sempat menjelaskan jalan cerita inti dari dokumenternya dan mengatakan ia tidak pernah berharap untuk membuat film dokumenter.

INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Permasalahan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya