Coba 4 Cara Ini Jika Sulit Melakukan Riasan Mata

Banyak dari kita menghabiskan masa pandemi Covid-19 tanpa riasan mata sebab kita terjebak di rumah.

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 17 Okt 2022, 17:10 WIB
Ilustrasi wanita sedang make up. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita menghabiskan masa pandemi Covid-19 tanpa riasan mata sebab kita terjebak di rumah.

Meski pun keluar, tak jarang tertutup dibalik masker dan kacamata hitam. Dan Itu semua berakhir sekarang karena kita kembali ke kehidupan sehari-hari, bekerja dan bersosialisasi.

Tiba-tiba, ide bermain-main dengan eye shadow, eye liner, dan maskara menjadi sesuatu yang ingin kita buat saat hendak ke luar rumah.

Mengenakan masker selama beraktivitas di luar dalam masa new normal adalah sebuah keharusan. Walau wajah tertutup masker, tetapi bukan berarti tidak perlu mempercantik diri, justru harus tetap tampil cantik.

Fokuskan perhatian ke riasan mata yang on fleek agar mata terlihat bersinar dan tampilan Anda jadi menawan.

Sebab mata adalah jendela hati setiap perempuan, yang dapat menjadi pusat perhatian dan mampu menampilkan pesona serta daya tarik tersendiri.

Penampilan mata yang cantik membutuhkan tata rias mata yang dilakukan secara tepat agar dapat memberikan kekuatan pada pancaran mata dan penampilan yang elegan. Penggunaan perona mata dengan warna-warna cerah akan memberikan penampilan yang berbeda, sehingga akan terlihat segar dan seksi.

Biasanya, make up untuk mata yang menghasilkan gambar untuk riasan mata ada beberapa urutan beberapa eye makeup seperti, eye primer atau concealer,  eye shadow, dan eye liner.

Tapi bagaimana dengan mata kita yang sangat dewasa? Entah bagaimana, mereka terlihat lebih bengkak, lebih krep, atau lebih dalam dari sebelumnya. Tidak masalah.

Melansir laman AARP, inilah cara membuat mata-mata Anda menonjol dengan sedikit tambahan kosmetik: 

2 dari 5 halaman

1. Periksa Cermin Bukan Media Sosial, Tapi Untuk Mencari Inspirasi

Make up Zara dalam mode close up. (Foto: Instagram/ zaraadhsty)

Mata yang dimiliki sekarang mungkin bukan yang di miliki beberapa tahun yang lalu, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi riasan. Rayakan binar dan tatapan berpengalaman.

Tapi lakukan dua hal terlebih dahulu. Anda mulai dengan pemeriksaan mata oleh dokter mata atau spesialis terutama jika Anda mengalami kemerahan atau iritasi. Ini akan mengesampingkan potensi masalah medis, lensa kontak yang salah, atau solusi lensa yang salah.

Kemudian periksa simpanan riasan mata Anda saat ini. Buang semua yang melewati tanggal kedaluwarsa terutama maskara, yang harus diperbarui setiap tiga bulan dan semua yang berbau funky atau terlihat berubah warna, berkapur, atau tidak berwarna.

Manjakan diri Anda dengan pembaruan, karena riasan mata adalah BFF Anda. Itu akan selalu membuat Anda merasa lebih halus dan percaya diri, seksi, dan segar. 

3 dari 5 halaman

2. Selalu Utamakan Kelopak Mata

Tak menutup kemungkinan seorang selebriti juga dapat melakukan kesalahan dalam bermake up. Siapa sajakah mereka? (Ist)

Primer adalah suatu keharusan. Ini akan mencegah riasan mata Anda dari kusut, berbulu. Tapi pastikan Anda membeli jenis yang tepat untuk kelopak mata Anda.

Kelopak mata yang matang bisa menjadi hangat dan lembab, sehingga riasan menjadi kotor, terlihat lembek atau hilang; atau mereka bisa menjadi dingin dan kering, sehingga bayangan tidak menyatu, dan liner melompat atau sulit diaplikasikan.

Mereka yang memiliki mata berair atau kelopak mata hangat dan lembab dapat mencoba Smashbox 24 Hour Shadow Primer for Ulta Beauty, formula penyerap minyak tipis yang tahan terhadap keringat dan hot-flash -bukti. Anda juga bisa menggunakannya di bawah mata.

Mereka yang memiliki kelopak mata dingin dan kering dapat mencoba formula pelembab krim seperti Burt's Bees Eye Shadow Primer atau Benefit Cosmetics Stay Don't Stray Eyeshadow Primer dalam Light/Medium.

Keduanya berwarna krem ​​yang juga menyembunyikan kemerahan atau perubahan warna pada kelopak mata. Inilah rahasia sebenarnya untuk menggunakan semua primer mata.

Gunakan jumlah terkecil dan ratakan di kelopak mata dari garis bulu mata hingga lipatan. Kemudian diamkan sebentar sebelum merias wajah.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Pensil Mata Berpigmen Tinggi Berwarna Hitam atau Coklat Tua

Korban siraman air keras memakai make up sebelum peragaan busana pada malam Hari Perempuan Internasional di Thane, Mumbai, India, Rabu (7/3). Acara ini bagian dari kampanye kesadaran bertajuk 'Stop Acid Sale'. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Liner adalah yang benar-benar mengembalikan definisi dan bentuk mata Anda.

Pensil harus meluncur dan terlihat buram, tidak tipis tetapi juga tidak boleh terlalu licin atau terlalu kering.

Sekali lagi, memilih tekstur pensil yang tepat untuk kelopak mata Anda itu penting. Jika Anda memiliki mata berair atau kelopak mata lembab dan hangat, pilihlah formula tahan air seperti Neutrogena Intense Gel Eyeliner dalam Dark Brown 30 atau Jet Black 10 atau Almay All-Day Intense Gel Eyeliner dalam Rich Black atau Deep Kastanye.

Mereka yang memiliki kelopak mata kering dapat mencoba pensil yang lembut namun berpigmen intens, seperti Honest Beauty Vibeliner Pencil Eyeliner dengan Jojoba Oil in Grounded atau Mindful.

5 dari 5 halaman

4. Pegang Kelopak Mata dengan Lembut untuk Mendapatkan Garis yang Halus

Ilustrasi Make Up/https://unsplash.com/Chalo Garcia

Ada trik hebat untuk ini. Lihat lurus ke cermin dan tarik perlahan mata Anda dengan kencang yang hati-hati di tepi luar sambil mengoleskan liner ke kelopak mata atas Anda.

Ini cukup mengurangi tutupnya sehingga Anda dapat menggambar garis yang lebih ramping tanpa gundukan dan goyangan.

Kerjakan dari mata luar ke dalam dan cobalah untuk menjaga mata Anda sedikit terbuka untuk mengontrol garis agar tidak terlalu tebal atau berat. Mengistirahatkan siku Anda di atas meja atau desktop membuat tangan Anda stabil dan prosesnya mudah.

Gunakan tangan yang lebih ringan saat melapisi di bawah mata agar efek di sana lebih lembut.

Namun, ada pengecualian untuk mata berkerudung yang dalam, menekankan garis bulu mata bawah dengan liner atau melapisi tepi bawah bagian dalam (juga dikenal sebagai garis air) dapat membantu memberikan bentuk mata yang jauh lebih kuat.

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya