Perjuangan Robbie Coltrane Lawan Radang Sendi Sebelum Meninggal Dunia

Robbie Coltrane meninggal dunia di usia 72 tahun pada Jumat, 14 Oktober 2022 setelah berjuang melawan radang sendi yang dideritanya.

oleh Putu Elmira diperbarui 16 Okt 2022, 11:30 WIB
Robbie Coltrone sang pemeran Hagrid dalam film Harry Potter melambaikan tangan saat menghadiri pemutaran perdana film Harry Potter: The Pisoner of Azkaban pada 2004. (dok. DON EMMERT / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Robbie Coltrane meninggal dunia pada Jumat, 14 Oktober 2022 di usia 72 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit radang sendi yang dideritanya.

Dikutip dari The Sun, Minggu (16/10/2022), Robbie Coltrane meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Skotlandia. Ia menderita osteoartritis atau radang sendi yang membuatnya harus berada di kursi roda selama beberapa tahun terakhir.

"Saya berjuang melawan rasa sakit 24 jam sehari ketika saya (di film) National Treasure dan Great Expectations," kata Coltrane kepada DailyExpress di 2020 lalu. "Saya tidak memiliki tulang rawan di lutut saya. Hanya ada tulang saja."

Sang aktor sangat lemah sehingga ia tidak bisa berjalan tanpa bantuan. Coltrane mengungkapkan ia tidak akan mengharapkan rasa sakit seperti itu "pada musuh terburuknya".

Dokter dikatakan telah memberi tahu Coltrane di masa lalu, ketika dia diperkirakan memiliki berat badan lebih dari 20st (127 kg), ia harus menurunkan berat badan 7st (44,4 kg) atau berisiko lumpuh. Pada 2016, ia berusaha mencapai target berat badan agar dapat menjalani pengobatan.

Aktor bernama lengkap Anthony Robert McMillan tersebut menurunkan 2st (12,7 kg) dan berjalan dengan tongkat. "Saya terus-menerus kesakitan sepanjang hari," katanya.

"Saya menjalani operasi eksplorasi dan mereka menemukan saya tidak memiliki tulang rawan yang tersisa di salah satu lutut saya. Itu benar-benar hancur," tambah pemeran Hagrid di film Harry Potter ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Jalani Operasi

Robbie Coltrone sang pemeran Hagrid di film Harry Potter. (dok. CARL COURT / AFP)

Tiga tahun kemudian Coltrane mengejutkan dan membuat khawatir penggemar ketika dia dipotret tengah berada di kursi roda karena tidak bisa berjalan. Sumber melaporkan aktor itu sedang menunggu penggantian lutut setelah osteoarthritis menghancurkan persendiannya.

Kemudian, pada tahun berikutnya, Coltrane membuka diri. "Ia didorong masuk dan keluar dari acara Harry Potter pada Senin yang menjadi kejutan besar bagi para penggemar mengingat mereka sudah terbiasa melihatnya berdiri kuat dan setinggi Hagrid," kata seorang sumber.

Sumber itu melanjutkan, "Itu membuatnya tidak bisa berjalan tanpa bantuan apa pun dan dia diberi kursi roda sambil menunggu untuk menjalani prosedur bedah khusus di Amerika untuk memperbaiki sendinya."

Sumber menyebut bahwa kondisi itu membuat Coltrane frustrasi. Meski begitu, ia benar-benar berharap untuk bangkit kembali setelah menjalani operasi. Untungnya, pada 2020 aktor tersebut telah menemukan "kelegaan dari rasa sakit" karena ia dapat menjalani operasi yang telah lama ditunggu-tunggu. 

3 dari 4 halaman

Absen di Acara

Pemeran Hagrid di seri fim Harry Potter, Robbie Coltrane, meninggal dunia.

"Itu sangat mengerikan. Kelegaan dari rasa sakit sejak operasi dan bisa tidur telah mengubah hidup saya," kata Robbie Coltranesaat itu.

Coltrane dijadwalkan menghadiri Comic-Con pada Juli tahun ini. Ia rencananya bertemu dengan penggemar dan berpose untuk foto di acara yang diadakan di Olympia London, tetapi ia membatalkan penampilannya.

Penyelenggara acara mengirim email kepada penggemar, dan berkata, "Dengan sangat menyesal Robbie Coltrane harus mundur dari Comic-Con Juli karena kesehatannya yang terus memburuk."

"Dia sangat menyesal telah mengecewakan para penggemar dan pendukungnya dan sangat berharap bisa tampil di acara Showmasters lain ketika kesehatannya memungkinkan," lanjut pernyataan penyelenggara.

Sementara, saat kepergian Coltrane, pihak Warner Bross UK merilis pernyataan. "Kami sangat sedih mendengar meninggalnya Robbie Coltrane yang luar biasa yang memerankan Hagrid dengan kebaikan, hati, dan humor dalam film Harry Potter. Dia adalah aktor yang luar biasa, seorang teman untuk semua dan dia akan sangat dirindukan," bunyi pernyataan Warner Bross UK, dikutip dari akun Instagram pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

4 dari 4 halaman

Sosok Coltrane

Hagrid bersama Harry dan kawan-kawannnya di film Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002).

Robbie Coltrane lahir di Glasgow, Inggris, dengan nama Anthony Robert McMillan. Coltrane lantas disekolahkan di sekolah berasrama yang mahal yang disebutnya 'melegalisasi kekerasan' sebagai metode pendisiplinan siswa.

Dikutip dari The Sun, Coltrane lalu mendaftar di Sekolah Seni Glasgow. Ia sempat mempelajari seni lukis sebelum beralih ke jurusan teater, sebuah langkah yang mengantarkannya ke sejumlah peran di layar kaca dan layar lebar, termasuk penampilannya yang mengesankan di beberapa judul film James Bond.

Saat berkuliah dan tampil stand up, ia menggunakan nama panggung Coltrane, yang diambil dari nama musisi jazz yang ia anggap sebagai pahlawan, John Coltrane. Ia lalu bergabung dengan sejumlah tur yang digelar perusahaan teater.

Debutnya sebagai aktor di layar televisi dimulai pada 1979 lewat program Waterloo Sunset, sebuah BBC Play for Today. Meski perannya kecil, aktingnya terus dipakai di berbagai film dan acara TV, termasuk Flash Gordon, Are You Being Served? dan Britannia Hospital.

Penampilan Robbie Coltrane sebagai patung dikenali secara unik, bersama dengan kecerdasan komedi alami dan waktu yang diasah selama ia menjadi komika. Bakatnya untuk membuat penonton tertawa membuatnya mendapatkan peran dalam pertunjukan sketsa, tetapi kemampuan aktingnya bahkan melebihi kecerdasannya dan peran seriusnya dalam produksi profil tinggi diikuti.

Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya