Andien Kali Pertama Bawakan Sajak di Depan Presiden Jokowi, Tampil Memesona dengan Tenun Sumba NTT

Dengan gaun dari kain tenun Sumba rancangan desainer Didiet Maulana, Andien tampil memesona melantun sajak tentang Indonesia di depan Presiden Jokowi.

oleh Wayan Diananto diperbarui 02 Okt 2022, 13:20 WIB
Pesona Andien Dalam Balutan Kain Tenun Sumba
Dengan gaun dari kain tenun Sumba rancangan desainer Didiet Maulana, Andien tampil memesona melantun sajak tentang Indonesia di depan Presiden Jokowi.
September yang baru saja lewat meninggalkan kesan mendalam bagi penyanyi Andien. Pelantun “Gemintang” dan “Pulang” beroleh kesempatan istimewa tampil di depan Presiden Jokowi. Bukan untuk nyanyi melainkan membawakan sajak yang menggambarkan kekuatan Indonesia untuk bangkit meraih kemajuan. Penampilannya pun sangat Indonesia, memakai tenun Sumba. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Andien tampil memesona dengan gaun panjang hitam polos tanpa lengan yang mengembang di bagian bawah. Gaun ini dilapisi kain tenun bermotif belah ketupat selang-seling merah bata dan hitam. Motifnya keemasan. Penampilan pemilik album Bisikan Hati disempurnakan dengan dua kalung beda ukuran dan ketebalan plus sepasang anting. Rambutnya dicepol. Riasan natural. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Andien mengunggah sejumlah foto dan sebuah video yang menampilkan aksinya melantun sajak di akun Instagram terverifikasi, Jumat (30/9/2022). “Selalu ada kali pertama,” tulis Andien. “Kemarin untuk pertama kalinya aku tampil di hadapan Pak @jokowi bukan untuk bernyanyi, tapi membawakan sebuah sajak yang menggambarkan bahwa kita, Indonesia, mampu untuk bangkit kembali,” imbuhnya. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Bukan rahasia lagi, Andien pencinta wastra Nusantara. Ia kerap mengenakan kain ikat, tenun, hingga batik dan kebaya saat manggung sebagai bentuk pernghormatan terhadap ragam budaya Indonesia. Kini, Nyonya Irfan Wahyudi memilih tenun rancangan desainer Didit Maulana dan panen pujian. “Itu baju terlalu keren Mas Didiet!” seru Rahayu Saraswati di kolom komentar. “Kamu cantiknya enggak ada habisnya,” Melanie Putria menyahut. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Andien tampil dengan kain tenun bukan tanpa alasan. “Aku sengaja memakai tenun Sumba yang dilengkapi hiasan logam bernama Mamuli,” ibu dua anak ini mencuit. Andien lalu menerangkan, Mamuli simbol rahim, yang melambangkan perempuan sebagai pemberi kehidupan. Ia menyebut perempuan bagian penting dalam perubahan, menjadi fondasi bagi negara ini untuk bangkit lebih kuat. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Mamuli bagi Andien sebuah fashion statement. Lewat perhiasan logam tersebut, Andien mengekspresikan kebanggaan sebagai perempuan. Ia pun bangga pada peran yang disandang kaum hawa. “Sama seperti Mamuli yg aku kenakan dengan bangga, aku sangat bangga dengan para perempuan di Indonesia, bangga dengan peranku sebagai perempuan,” ia menyambung. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)
Andien meyakini setiap perempuan cantik. Menurutnya, di tengah tantangan dan perkembangangan zaman, perempuan layak mengambil peran di garis depan. “Peran kita sebagai perempuan. Kita, adalah garda depan kebangkitan. Aku percaya, jika perempuan bergandengan tangan, hal-hal baik akan tercipta,” cetus penyanyi kelahiran Jakarta, 25 Agustus 1985. (Foto: Dok. Instagram @andienaisyah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya