Nggak Cuma Cabai, 8 Makanan Ini Bikin Berkeringat

Keringat umumnya keluar setelah kita berolahraga, saat cuaca panas terik, atau sedang demam. Tapi tahukah Anda kalau mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membuat Anda berkeringat?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 28 Agu 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi makanan pedas. Image by englishlikeanative from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Keringat umumnya keluar setelah kita berolahraga, saat cuaca panas terik, atau sedang demam. Tapi tahukah Anda kalau mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membuat Anda berkeringat?

Dilansir dari Livestrong, seorang ahli gizi kesehatan usus, Amanda Sauceda, RDN, CLT, menjelaskan mengapa beberapa daftar makanan berikut ini memicu respons keringat disertai beberapa tips untuk mencegahnya.

1. Makanan pedas

Rasa pedas yang Anda sukai di setiap masakan dapat memicu keringat. Senyawa yang disebut capsaicin yang membuat makanan pedas, juga bisa membuat Anda berkeringat, kata Sauceda.

Capsaicin mengikat reseptor saraf, yang mengirimkan sinyal ke otak Anda yang diterjemahkan sebagai panas. Kemudian nantinya ini menghasilkan respon pendinginan di dalam tubuh (yaitu dengan berkeringat).

Jadi semakin pedas makanannya, semakin lembab ketiak Anda, kata Sauceda.

2. Makanan dan Minuman Panas

Jika Anda menyeruput secangkir cokelat panas atau semangkuk besar sup, Anda pasti merasa hangat di dalam, kata Sauceda.

Memang, menurut International Hyperhidrosis Society pun makan atau minum sesuatu yang panas dapat meningkatkan suhu internal Anda, dan ini memicu tubuh Anda untuk mendinginkan diri dengan berkeringat. Ditambah jika suhu di luar sudah 90 derajat, cuaca yang terik kemungkinan akan membuat Anda berkeringat lebih banyak, Sauceda menambahkan.

3. Kopi

Sementara kafein membantu membuat Anda tetap terjaga, itu juga dapat meningkatkan tekanan darah, berdasarkan penjelasan dari University of Michigan, suhu tubuh dan aliran darah ke kulit dan ekstremitas. Sehingga semua energi yang dikeluarkan bisa berupa keringat. Terlebih jika Anda lebih suka kopi panas, panas juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda, merangsang reaksi berkeringat.

 

2 dari 5 halaman

4. Alkohol

 

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana wajah Anda memerah dan bintik-bintik Anda berkeringat ketika Anda terlalu banyak meminum minuman keras?

Itu karena berkeringat adalah efek samping yang umum dari minum banyak alkohol. Menurut American Addiction Centers, ketika hati Anda memetabolisme alkohol, ia mengeluarkan panas, membuat Anda merasa hangat di dalam tubuh. Serta skenario yang memicu keringat ini menjadi semakin rumit ketika Anda meminum banyak alkohol karena hati Anda hanya dapat memetabolisme satu minuman per jam.

Di sisi lain, berkeringat dan hot flashes juga bisa menjadi tanda penarikan alkohol, kata Sauceda. Faktanya, begitu efek minuman keras berkurang di sistem Anda, Anda juga mungkin mengalami hot flashes bersama dengan gejala mabuk lainnya seperti sakit kepala.

 

3 dari 5 halaman

5. Permen

Bagi sebagian orang, makanan manis bisa memicu keringat. Misalnya pada penderita diabetes, terlalu banyak menikmati makanan manis dapat merangsang keringat, kata Sauceda. "Ini bisa jadi karena permen dapat berkontribusi pada lonjakan gula darah," katanya.

Menurut International Hyperhidrosis Society, kondisi medis tertentu seperti diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko keringat kronis terkait makanan (juga dikenal sebagai keringat gustatory, hiperhidrosis gustatory atau sindrom Frey).

Selain itu, memakan permen dalam sekali makan juga dapat menyebabkan hipoglikemia reaktif, kata Sauceda. Hipoglikemia reaktif terjadi ketika kadar gula darah Anda rendah bahkan setelah makan dan berkeringat adalah salah satu gejalanya, jelasnya.

Kondisi ini dapat terjadi setelah mengemil sesuatu yang manis karena tubuh Anda membakar karbohidrat sederhana dengan cukup cepat, yang dapat menyebabkan penurunan gula darah secara tiba-tiba, kata Sauceda.

Tanda-tanda lain dari hipoglikemia reaktif termasuk, menurut Mayo Clinic:

- Kelaparan

- Kulit pucat

- Lemah

- gemetar

- Pusing

- Cemas

- Bingung

 

4 dari 5 halaman

6. Cokelat

Alasan mengapa cokelat bisa membuat kelenjar keringat Anda bekerja ada dua.

Pertama, cokelat mengandung kafein. Misalnya, menurut Center for Science in the Public Interest, Hershey's Special Dark Chocolate Bar memiliki 25 miligram sementara Hershey's Milk Chocolate Bar memiliki 10 miligram. Sehingga, seperti yang disebutkan sebelumnya, stimulan ini dapat meningkatkan respons keringat Anda.

Kedua, tergantung pada varietasnya, cokelat mungkin mengandung banyak gula. Seperti yang sudah kita ketahui, permen bisa membuat pori-pori Anda mengeluarkan keringat.

7. Makanan Asin

Ngemil makanan asin dapat menyebabkan situasi berkeringat juga.

Menurut Peconic Bay Medical Center, beberapa makanan yang tinggi natrium dapat mengubah aliran darah Anda dan membuat jantung Anda berdebar kencang.

Itu berarti jantung Anda harus memompa lebih keras dari biasanya, terutama jika Anda berlebihan dengan saltshaker. Lalu juga ini membutuhkan tubuh Anda untuk mengerahkan lebih banyak energi, yang mungkin membuat Anda berkeringat.

Teori lain yang mungkin adalah bahwa ketika Anda makan makanan yang terlalu asin, tubuh Anda mungkin mencoba membuang kelebihan garam melalui keringat.

5 dari 5 halaman

8. Daging

Daging juga dapat menggerakkan kelenjar keringat Anda. Itu karena protein hewani membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna daripada makanan lain, yang dapat menyebabkan keringat, kata Sauceda. Namun, Anda harus mengunyah sejumlah besar daging untuk merasakan efek ini, tambahnya.

Tetapi beberapa orang mungkin menemukan bahwa mereka lebih rentan terhadap keringat ketika mereka makan daging. Misalnya, mereka yang kesulitan mencerna daging, seperti orang tua atau mereka yang mengonsumsi antasida, dapat mengalami efek samping berkeringat ini, kata Sauceda.

Cara Menghentikan atau Mengurangi Keringat Terkait Makanan

Jika Anda memperhatikan bahwa makanan tertentu membuat Anda meneteskan keringat, solusi paling sederhana adalah tidak mengonsumsinya. 

Tetapi jika Anda tidak dapat berpisah dengan makanan yang memicu keringat, cobalah mengurangi porsinya, kata Sauceda.

Jika keringat terkait makanan Anda dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes, menjaga manajemen gula darah yang baik juga akan berguna, katanya.

Terakhir, tetap terhidrasi, yang dapat membantu menjaga tubuh tetap dingin, adalah strategi yang solid untuk mengurangi keringat.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya