Penjelasan Ajaib dan Stockbit Soal Gangguan di Aplikasi Saham

Sempat terjadi gangguan sistem di aplikasi Ajaib dan Stockbit. Saat ini fitur trading sudah digunakan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 10 Agu 2022, 17:04 WIB
Ilustrasi Stockbit

Liputan6.com, Jakarta - Dua aplikasi saham populer di Indonesia, yakni Stockbit dan Ajaib dilaporkan mengalami gangguan, pada Rabu hari ini (10/8/2022).

Masing-masing platform itu pun mengonfirmasi terjadinya gangguan tersebut. Stockbit, melalui unggahan di akun Instagram resminya menyampaikan permintaan maaf atas gangguan di aplikasinya.

Mereka menyebut telah terjadi gangguan sistem disebabkan oleh pihak ketiga, sehingga area trading tidak bisa diakses pada pagi ini.

"Tim Stockbit telah mengatasi kendala ini dan pengguna Stockbit sudah dapat melakukan aktivitas trading kembali," terang platform tersebut di Instagram, dikutip Rabu (10/8/2022). 

Stockbit juga menyatakan, seluruh transaksi jual dan beli pada 10 sampai 19 Agustus 2022, tidak akan dikenakan biaya broker.

Sementara untuk transaksi tanggal 10 Agustus, biaya broker yang dipotong akan dikembalikan ke saldo pengguna dalam bentuk cashback, sebelum jam 12.00 WIB tanggal 11 Agustus.

Adapun Ajaib yang juga mengonfirmasi adanya gangguan pada sistemnya. Kabar itu mereka konfirmasi melalui notifikasi di aplikasinya.

"Untuk sementara kamu tidak bisa mengakses ke area portfolio hingga 13.00 WIB," demikian notifikasi di aplikasi Ajaib pada pukul 11.33 WIB, Rabu, 10 Agustus 2022, seperti yang dilihat oleh Saham Liputan6.com.

Tampilan awal aplikasi Ajaib menunjukkan, aplikasi tidak dapat diakses karena terjadi gangguan dari pihak ketiga.

Manajemen Ajaib Sekuritas mengatakan gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah teratasi dan saat ini seluruh layanan telah beroperasi normal.

"Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman," kata Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora, dalam sebuah keterangan tertulis.

2 dari 4 halaman

Ajaib Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Pastikan Gangguan Aplikasi Tak Terulang

Ilustrasi Ajaib Sekuritas (Foto: Ajaib Sekuritas)

Selain itu, pihak Ajaib juga menyatakan akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan gangguan tidak terjadi lagi.

"Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi," tambahnya.

Ia menambahkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaruhi berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan.

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi customer service Ajaib di email support@ajaib.com," ujarnya.

Sebelumnya, media sosial Twitter diramaikan sejumlah investor dari aplikasi Ajaib dan Stockbit yang mengeluhkan gangguan.

Salah satu warganet mengeluhkan gangguan di awal perdagangan lebih dari 1 jam.

"******@ajaib_investasi bisa bisa gangguan di awal market lebih dari 1 jam pula sampai sesi maret 1 masih gangguan. Apa gag SLA (service level agreement) waktu max penanganan gangguan? Klo begini caranya, investor dirugikan bos. Tolong sekali lagi perbaiki kinerjanya,” tulis akun Twitter @iam****.

Kemudian, gangguan yang terjadi ini juga dikeluhkan investor ritel. Netizen pun berharap agar Ajaib tidak sering gangguan pada waktu pembukaan bursa.

"Siang admin mohon dibantu cek sekuritas @ajaib_investasi hari ini error sangat merugikan retail-retail dan sering sekali di jam pembukaan Market cc @ojkindonesia," ungkap akun Twitter @Dhon****.

3 dari 4 halaman

Keluhan Warganet di Twitter Soal Gangguan di Aplikasi Stockbit

Mau Pesan IPO secara online? Pasti Ada jalan di Stockbit.

Ada juga sejumlah warganet di Twitter yang mengeluhkan terjadinya error di aplikasi Stockbit.

"@Stockbit kenapa error terus dari jam 9 pagi ini?!!?? Tolong segera respon di DM!," tulis akun Twitter @BEAU******.

Selain itu, netizen juga mengeluhkan agar aplikasi Stockbit tidak sering gangguan pada saat jam bursa.

"@Stockbit Mohon perbaiki Aplikasinya, jangan error melulu, apalagi di jam bursa," tulis akun @ali***.

4 dari 4 halaman

Stockbit Gratiskan Biaya Broker hingga 19 Agustus 2022 Usai Aplikasi Sempat Gangguan

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Sejak pagi IHSG terjebak di zona merah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PR & Corporate Communication Lead Stockbit, William menuturkan, terkait aplikasi Stockbit saat ini terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga. Tim Stockbit pun segera berkoordinasi untuk menyelesaikannya. Manajemen Stockbit pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna/investor rasakan akibat adanya gangguan ini. Kepada para pengguna, kami juga ingin menginformasikan bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama tanggal 10-19 Agustus 2022. Stockbit akan menggratiskan biaya broker," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, dikutip Rabu (10/8/2022).

William pun menyatakan saat ini fitur trading sudah kembali digunakan. “Untuk fitur trading di Stockbit sudah kembali dapat digunakan.” Kata dia.

Infografis Rupiah dan Bursa Saham Bergulat Melawan Corona (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya