Rapunzel di Dunia Nyata, 3 Perempuan Ini Punya Rambut Indah Superpanjang

Rupanya di dunia nyata ada pula perempuan-perempuan yang dianugerahi rambut indah dan sehat seperti Rapunzel.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 09 Jul 2022, 09:19 WIB
Alena Kravchenko asal Ukraina memiliki rambut panjang yang dijuluki Rapunzel dalam kehidupan nyata (dok.instagram/@alenuwka_longhair/https://www.instagram.com/p/B9JMI-ihiCl/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Pernah dengar kisah Rapunzel? Gadis berambut panjang melebihi tinggi tubuhnya dan tinggal di menara.

Dongeng anak-anak tersebut semula ditulis oleh Charlotte-Rose de Caumont de La Force asal Prancis dengan judul Persinette dan dibukukan pada 1698. Namun, dongeng mengenai gadis berambut panjang keemasan yang tinggal di menara itu kemudian dipopulerkan oleh oleh Grimm Bersaudara yang berasal dari Jerman dengan judul Rapunzel.

Rapunzel dikisahkan sebagai gadis dengan rambut panjang keemasan yang diasuh oleh seorang penyihir. Semakin hari, kecantikan Rapunzel semakin menonjol, karenanya sang penyihir memindahkan gadis itu ke menara saat berusia 12.

Menara itu hanya memiliki satu jendela, tanpa pintu. Setiap kali hendak mengunjungi Rapunzel, sang penyihir memintanya untuk melempar untaian rambut ke luar.

Rambut Rapunzel digambarkan sangat tebal, indah, dan kuat. Cukup kuat dijadikan alat bantu sang penyihir memanjat menara. 

Kisah Rapunzel dan rambut panjang indahnya memang hanya ada di dunia dongeng. Namun rupanya di dunia nyata ada pula perempuan-perempuan yang memang dianugerahi rambut indah dan sehat seperti Rapunzel. 

Tiga perempuan dari Ukraina dan India dianugerahi rambut panjang, kuat, dan indah seperti tokoh dongeng yang kisahnya diadaptasi oleh Disney itu. Mereka adalah Alona Kravchenko dan Alla Perkova dari Ukraina, serta Akanksha Yadav dari India. 

Masing-masing Alona, Alla, dan Akanksha memiliki rambut panjang nan indah yang panjangnya tak biasa. 

  

 

 

2 dari 6 halaman

Rapunzel dari Ukraina

Alona Kravchenko dari Ukraina memiliki rambut pirang sepanjang 1,95 meter. (Foto: Instagram/@alona_kravchenko)

Alona Kravchenko dari Ukraina memiliki rambut pirang sepanjang 1,95 meter. Panjang rambutnya bahkan telah melebihi tinggi badannya.

Alona tidak pernah memotong rambut sejak berusia 5 tahun. Kini, berkat rambut pirang panjangnya, penampilan Alona bak putri Disney.

Tentu bukan hal mudah merawat rambut sepanjang itu. Meski tak memotong rambut, Alona terkadang melakukan trimming setiap enam bulan agar rambutnya tetap rapi.

Berkat rambut panjang pirangnya itu pula Alona mendapat julukan Putri Rapunzel. Alona memiliki 149 ribu pengikut di Instagram. Sebagian besar mereka menjadi pengikut karena mengagumi rambut panjang Alona.

 

3 dari 6 halaman

Keramas Seminggu Sekali

Alona Kravchenko menjadi model rambut di Ukraina. (Foto: Instagram/@alona_kravchenko)

Mengutip Daily Mail, Alona memutuskan untuk tidak memotong rambut karena sang ibu pernah berkata bahwa kecantikan sesungguhnya seorang wanita terletak pada rambutnya.

Dengan panjang rambut tak biasa itu, Alona berkeramas seminggu sekali. Biasanya dia menghabiskan waktu sekitar 40 hingga 60 menit untuk berkeramas.

Alona memercayakan perawatan rambutnya pada produk-produk alami agar tetap sehat dan bercahaya.

Selain itu, Alona menyisir rambut dua kali sehari demi mencegah rambutnya kusut.

4 dari 6 halaman

Alla Perkova

Alla Perkova

Panjang rambut Alla Perkova 1,6 meter. Perempuan 37 tahun dari Odessa, Ukraina itu mengatakan telah merawat dan membiarkan rambutnya panjang seumur hidupnya.

Seperti juga rekannya dari Ukraina, Alona Kravchenko, Alla pun mendapat julukan Rapunzel karena memiliki rambut sangat panjang. Bedanya warna rambut Alla adalah cokelat terang.

Meski demikian, Alla pun mendapat perhatian banyak orang berkat rambutnya. Dia memiliki lebih dari 40 ribu follower di Instagram. Tak hanya dari warga pada umumnya, perhatian pada tampilan rambut tak biasa Alla pun datang dari pesohor dunia seperti model Candice Swanepoel dan Jared Leto.

Candice Swanepoel membagian foto rambut Alla di akun Instagram pribadinya sebagai bentuk kekaguman. Sementara Jared Leto mengungkapkan rasa takjubnya secara langsung saat bertemu Alla di pegunungan Montserrat di Spanyol.

Alla menikmati perhatian yang didapatnya secara online. Satu-satunya hal yang kurang disukainya hanyalah terkadang dia menginjak rambutnya secara tak sengaja.

Alla sesekali meminta bantuan suaminya, Edward, untuk menyisir rambutnya. Ibunya pun dengan senang hati membantu Alla merawat rambutnya. 

 

5 dari 6 halaman

Terinspirasi Ibu

Alla Perkova (Foto: Instagram/@alla_perkova)

Alla mengaku terinspirasi dari sang ibu dalam memiliki rambut panjang.

"Sejak kecil aku selalu menykai rambut yang sehat. Ibuku selalu memanjangkan rambutnya hingga ke pinggang, aku pun menginginkan hal yang sama," ujarnya seperti dilansir Mirror.

"Bagiku, ibuku adalah gambaran ideal feminitas dan kecantikan. Aku ingin menjadi sepertinya dalam hal karakter dan penampilan. Tapi aku tak menyangka bahwa rambutku akan memanjang hingga ke lantai dan melebihi tinggi badanku," ujarnya.

Alla mencuci rambut setiap dua hari sekali dan menggunakan sampo untuk rambut normal. Sesekali dia menggunakan produk perawatan rambut seperti masker atau pelembap. Dia tak suka menggunting bagian ujung rambut karena menghindari rambutnya terlihat rata dan seperti wig.

6 dari 6 halaman

Rapunzel dari India

Akanksha Yadav mendapat dua penghargaan karena rambut panjangnya. (Foto: Instagram/@akanksha.yv)

Akanksha Yadav meraih Limca Book of World Records 2020 - 2022 karena rambut panjangnya yang mencapai lebih dari 3 meter. Perempuan asal Thane, Maharashtra itu juga mengantongi penghargaan dari India Book of Records.

"Akanksha Yadav dari Thane, Maharashtra memiliki rambut terpanjang yakni 3,01 meter," tulis keterangan pada Limca Book of World Records 2020-2022 yang dikantongi Akansha.

Dia mengantongi rekor nasional sebagai perempuan dengan rambut terpanjang sejak 2019.

Perempuan yang bekerja di bidang farmasi dan manajem itu mengatakan rambutnya adalah suatu berkah.

"Memenangkan titel secara nasional

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya