Imigrasi Soekarno-Hatta Antisipasi Lonjakan Pemudik Luar Negeri Jelang Lebaran

Saat ini Imigrasi Soekarno-Hatta menyiagakan 17 konter pemeriksaan Imigrasi

oleh stella maris diperbarui 28 Apr 2022, 10:28 WIB
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta jelang lebaran 2022/Istimewa. 

Liputan6.com, Jakarta Situasi pandemi kini kian berangsur membaik. Hal ini tentu berdampak pada euforia lebaran, dibandingkan tahun lalu dan yang tinggal menghitung hari. 

Berkaitan dengan banyaknya masyarakat di Tanah Air yang mudik dan situasi pandemi yang terkontrol, Pemerintah melonggarkan regulasinya.

Kini, momentum mudik pun dimanfaatkan oleh pekerja migran Indonesia (PMI) untuk kembali ke Tanah Air berkumpul bersama keluarga. Terlebih pemerintah telah menghapus aturan kekarantinaan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang telah menerima vaksinasi dosis kedua sejak 5 April 2022.  

Mengantisipasi arus perlintasan masuk pemudik di momen lebaran 2022, sebagai  salah satu pintu masuk (entry point) utama bagi pelaku perjalanan luar negeri, kantor Imigrasi  Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melakukan sejumlah langkah antisipatif. Diakui oleh Muhammad Tito Andrianto Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, peningkatan masuk PPLN melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta kian terasa.

"Jika kita lihat data perlintasan selama satu pekan terakhir sejak 18 April 2022, terlihat peningkatan yang  cukup signifikan dari WNI yang masuk melalui TPI Bandara Soekarno-Hatta," katanya. 

Tito menambahkan, jumlah WNI yang melintas masuk sejak 1-26 April 2022 sebanyak 148.657 pelintas. Jumlah ini meningkat 32,7% dibanding pada periode yang sama pada 1-26 Maret 2022 dengan jumlah pelintas masuk sebanyak 112.056 WNI.

 

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta jelang lebaran 2022/Istimewa.

Adanya peningkatan jumlah WNI yang masuk selain tentunya karena momentum lebaran juga  dipengaruhi oleh kebijakan sejumlah negara yang berangsur-angsur memberikan kemudahan  masuk bagi WNI untuk berwisata.  

"Umroh dan perjalanan wisata ke beberapa negara turut berpengaruh terhadap  meningkatnya perlintasan WNI yang masuk melalui TPI Bandara Soekarno-Hatta," ungkap  Tito.

Guna menyukseskan agenda mudik yang aman dan nyaman, Tito mengungkapkan bahwa dirinya telah menyiagakan 543 pegawai di Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi  Bandara Soekarno-Hatta yang bertugas di terminal 3 keberangkatan dan kedatangan  internasional, terminal 2 kedatangan internasional, serta terminal 1 khusus penerbangan jet pribadi.  

Saat ini Imigrasi Soekarno-Hatta menyiagakan 17 konter pemeriksaan Imigrasi di terminal 3 kedatangan internasional sesuai dengan klasifikasi penumpang, antara lain WNI, WNA, disabilitas, diplomatik, Visa on Arrival dan lainnya. Sedangkan di terminal 2 kedatangan 

Internasional saat ini telah beroperasi 4 konter pemeriksaan imigrasi bagi WNI, WNA, crew dan penyandang disabilitas.  

Pemeriksaan Keimigrasian yang Humanis  

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta jelang lebaran 2022/Istimewa.

Pemeriksaan Keimigrasian merupakan prosedur yang harus dilalui oleh PPLN sebelum masuk atau keluar dari wilayah Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yang mewajibkan setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat  imigrasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.  

Guna mewujudkan mudik yang aman dan nyaman, Tito berpesan kepada seluruh  petugas untuk melayani pemudik dengan baik.

"Sikap yang sopan, gesture yang ramah  namun tetap tegas dalam menjalankan prosedur," katanya.

Diharapkan dengan seluruh  persiapan yang telah diantisipasi akan memberikan kenyamanan bagi para pemudik dari luar  negeri saat kembali ke Tanah Air. 

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya