AS Langsungkan Perundingan Militer Terkait Isu Ukraina di Jerman

Menteri Pertahanan Llyod Austin pada Selasa (26/4) melangsungkan pembicaraan di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman untuk mengkoordinasikan peningkatan bantuan keamanan Barat bagi Ukraina.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Apr 2022, 03:00 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)

Liputan6.com, Berlin - Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah bagi puluhan negara dalam pertemuan di Jerman pada Selasa (26/4).

Pertemuan ini akan memusatkan pembicaraan pada upaya mempersenjatai Ukraina setelah diplomat tertinggi dan pejabat pertahanan Amerika melakukan perjalanan ke Kiev untuk menjanjikan lebih banyak bantuan militer bagi negara itu.

Menteri Pertahanan Llyod Austin pada Selasa (26/4) melangsungkan pembicaraan di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman untuk mengkoordinasikan peningkatan bantuan keamanan Barat bagi Ukraina, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (26/4/2022).

Ketua Kepala Staf Gabungan, Jendral Mark Milley, mengatakan kepada wartawan yang bepergian bersamanya ke Jerman, bahwa Ukraina membutuhkan “dukungan berkelanjutan agar berhasil di medan perang.

Inilah tujuan pertemuan ini,” tegasnya.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov diperkirakan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan itu berlangsung hanya beberapa hari setelah perjalanan Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke Kyiv di mana mereka menjanjikan lebih banyak bantun militer untuk Ukraina dan untuk terus menggalang kontribusi dari negara-negara lain.

Amerika Serikat Janji Suplai Senjata untuk Ukraina Guna Hadapi

Amerika Serikat berkomitmen untuk menyediakan Ukraina dengan "senjata yang dibutuhkan" untuk mempertahankan diri melawan Rusia, penasihat keamanan nasional Amerika Serikat Jake Sullivan mengatakan pada hari Minggu (10 April) saat Ukraina mencari lebih banyak bantuan militer dari Barat .

Sullivan mengatakan pemerintahan Biden akan mengirim lebih banyak senjata ke Ukraina untuk mencegah Rusia merebut lebih banyak wilayah dan menargetkan warga sipil, serangan yang disebut Washington sebagai kejahatan perang. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (11/4/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Moskow Tolak Tuduhan

Sisa-sisa pertempuran tertinggal di Hari ke 37 Perang Rusia vs Ukraina

 

"Kami akan mendapatkan Ukraina senjata yang dibutuhkan untuk mengalahkan Rusia untuk menghentikan mereka dari mengambil lebih banyak kota dan kota-kota di mana mereka melakukan kejahatan ini," kata Sullivan di ABC News' This Week.

Moskow telah menolak tuduhan kejahatan perang oleh Ukraina dan negara-negara Barat.

Berbicara kemudian di Meet the Press NBC News, Sullivan mengatakan Amerika Serikat “bekerja sepanjang waktu untuk mengirimkan senjata kita sendiri . . . dan mengatur dan mengoordinasikan pengiriman senjata dari banyak negara lain.”

“Senjata datang setiap hari,” kata Sullivan, “termasuk hari ini.”

Amerika Serikat telah mengirimkan bantuan militer senilai 1,7 miliar dolar AS ke Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari, kata Gedung Putih pekan lalu.

Pengiriman senjata termasuk rudal anti-pesawat Stinger dan anti-tank Javelin, serta amunisi dan pelindung tubuh.

Tetapi para pemimpin AS dan Eropa ditekan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyediakan senjata dan peralatan yang lebih berat untuk menghadapi Rusia di wilayah timur negara itu, di mana Rusia diperkirakan akan meningkatkan upaya militernya.

3 dari 4 halaman

Ukraina Skeptis

Satu Bulan Invasi Rusia ke Ukraina, Tiga Juta Orang Mengungsi

Dalam kutipan wawancara dengan CBS News '60 Minutes yang tayang Minggu malam, Zelenskiy menyatakan skeptis bahwa Amerika Serikat akan mengirimkan senjata yang katanya dibutuhkan.

Apakah Ukraina dapat mengalahkan serangan Rusia "tergantung pada seberapa cepat kita akan dibantu oleh Amerika Serikat. Sejujurnya, apakah kita akan dapat bertahan tergantung pada ini," kata Zelenskyy.

"Saya memiliki kepercayaan 100 persen pada orang-orang kami dan pada angkatan bersenjata kami, tetapi sayangnya saya tidak memiliki keyakinan bahwa kami akan menerima semua yang kami butuhkan."

Pada hari Jumat, para pejabat Ukraina mengatakan lebih dari 50 orang tewas dalam serangan rudal di sebuah stasiun kereta api di kota Kramatorsk di wilayah Donetsk, tempat ribuan orang berkumpul untuk mengungsi.

Invasi Rusia telah memaksa sekitar seperempat dari populasi 44 juta meninggalkan rumah mereka, mengubah kota menjadi puing-puing dan membunuh atau melukai ribuan orang.

Moskow telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya "operasi khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangga selatannya. Ukraina dan negara-negara Barat telah menolak ini sebagai dalih tak berdasar untuk perang.

4 dari 4 halaman

Pasukan Baru Rusia

Hari ke-34 Invasi Rusia ke Ukraina

Rusia pada hari Sabtu menunjuk seorang jenderal baru untuk memimpin pasukannya di Ukraina, Aleksandr Dvornikov, yang memiliki pengalaman militer yang signifikan di Suriah.

Dengan latar belakang itu, Sullivan mengatakan dia memperkirakan Dvornikov untuk melakukan lebih banyak kebrutalan terhadap penduduk sipil Ukraina.

Perwakilan Republik AS Liz Cheney, berbicara di CNN State of the Nation, mendesak pemerintah Biden untuk memberi Ukraina senjata ofensif seperti tank dan pesawat serta sistem pertahanan seperti rudal anti-tank dan anti-pesawat.

"Saya pikir kita perlu melakukan semua yang Zelenskiy katakan dia butuhkan saat ini, mengingat pertempuran luar biasa yang telah mereka lakukan," katanya.

Sebuah jajak pendapat CBS News yang dirilis pada hari Minggu menunjukkan dukungan luas di antara orang Amerika untuk mengirim lebih banyak senjata ke Ukraina.

Menurut jajak pendapat, yang dilakukan pekan lalu ketika berita serangan Rusia terhadap warga sipil terungkap, 72 persen dari mereka yang disurvei mendukung pengiriman lebih banyak senjata, sementara 78 persen mendukung sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya