Pertarungan Dua Tim Kuda Hitam Tanpa Bintang

Tunisia akan menghadapi Aljazair dalam laga pembuka penyisihan Grup D dalam ajang Piala Afrika tahun ini di Royal Bafokeng Stadium pada Rabu (23/1/13) dinihari WIB. Laga ini sepertinya nyaris tanpa adanya para bintang besar yang bermain di level Eropa.

oleh jeffrey diperbarui 22 Jan 2013, 18:30 WIB

Tunisia akan menghadapi Aljazair dalam laga pembuka penyisihan Grup D dalam ajang Piala Afrika tahun ini di Royal Bafokeng Stadium, Rabu (23/1/13) dinihari WIB. Kedua tim, Tunisia dan Aljazair dipandang sebagai  kuda hitam yang mampu merusak dominasi tim besar yang menjadi favorit juara, seperti Pantai Gading, Ghana, dan juga tuan rumah Tim Bafana Bafana Afrika Selatan.

Tunisia dan Aljazair baru sekali bertemu dan hasilnya dimenangkan oleh Aljazair dengan skor tipis 1-0 dalam ajang pertandingan persahabatan. Sementara melihat lima pertandingan terakhir kedua tim sejauh ini, Tunisia hanya berhasil meraih sekali kemenangan, dua kali hasil imbang dan sekali menelan kekalahan. Sedangkan Aljazair suskes mengemas tiga kali kemenangan, sekali imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Dilihat dari rangking FIFA saat ini, Aljazair berada di posisi ke-19. Sementara Tunisia bercokol di tempat ke-46. Kedua tim sama-sama berpeluang meraih gelar juara, Aljazair pernah meraihnya di tahun 1990. Tunisia berhasil merengkuh gelar juara tahun 2004 silam.

Aljazair nyaris tak punya pemain tenar yang merumput di kompetisi daratan Eropa saat ini. Hanya Djamel Mesbah yang kini merumput di klub asal Liga Serie Italia, AC Milan pada awal musim. Mesbah akan menjadi tumpuan di lini belakang guna menjadi tembok kokoh bagi Aljazair agar terhindar dari kekalahan. Lainnya, ada nama Medhi Lacen sang kapten tim yang bermain di kompetisi Spanyol bersama Getafe. Medhi dipasang sebagai pengatur serangan di lini tengah.

Sementara Tunisia hanya mengandalkan skuat yang mayoritas personelnya bermain di kompetisi liga lokal. Tidak ada nama tenar di tim Sami Trabelsi tahun ini untuk mengikuti Piala Afrika tahun ini.

Bisakah Aljazair dan Tunisia menjadi kuda hitam untuk meraih gelar juara Piala Afrika tahun ini? Atau apakah Aljazair akan mudah menaklukkan Tunisia dan lolos dari Grup D yang terbilang menjadi grup maut di kalangan pengamat sepakbola? Entahlah. Tunisia pasti tak akan mau menyerah begitu saja. Kedua timnas pastilah berjuang untuk bisa meraih poin penuh. (*dari berbagai sumber/Vin)

Lima pertandingan terakhir Tunisia (1x menang, 2x seri, 3x kalah):

15 November 2012

Tunisia

1-2

Swiss

Persahabatan

30 Desember 2012

Irak

1-2

Tunisia

Persahabatan

7 Januari 2013

Tunisia

1-1

Ethiopia

Persahabatan

10 Januari 2013

Gabon

1-1

Tunisia

Persahabatan

13 Januari 2013

Ghana

4-2

Tunisia

Persahabatan

Lima pertandingan terakhir Tunisia (4x menang, 1x kalah):

16 Juni 2012

Aljazair

4-1

Gambia

Kualifikasi Piala Afrika

10 September 2012

Libya

0-1

Aljazair

Kualifikasi Piala Afrika

15 Oktober 2012

Aljazair

2-0

Libya

Kualifikasi Piala Afrika

15 November 2013

Aljazair

0-1

Bosnia Herzegovina

Persahabatan

13 Januari 2013

Afrika Selatan

0-0

Aljazair

Persahabatan

Head to Head Pantai Gading vs Togo:

13 Januari 2011

Aljazair

1-0

Tunisia

Persahabatan

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya