Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Presiden Joko Widodo menegaskan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi ASEAN Para Games XI 2022. Kompetisi disabilitas itu berlangsung di Solo pada 20-31 Juli mendatang.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 22 Mar 2022, 17:54 WIB
Presiden Joko Widodo menegaskan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi ASEAN Para Games XI 2022. Kompetisi disabilitas itu berlangsung di Solo pada 20-31 Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi ASEAN Para Games XI 2022. Kompetisi disabilitas itu berlangsung di Solo pada 20-31 Juli mendatang.

"Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selepas mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Rapat terbatas juga menetapkan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 berada langsung di bawah koordinasi pemerintah pusat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Ketua Badan Pertimbangan yang beranggotakan menteri-menteri terkait.

Sebagaimana disampaikan Menpora, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menandai kembalinya pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas di Asia Tenggara. Ajang sebelumnya pada tidak bisa digelar di Filipina pada 2019 karena berbagai alasan, ditambah lagi pandemi Covid-19.

ASEAN Para Games XI kemudian seharusnya berlangsung pada 2021 di Vietnam, bergandengan dengan SEA Games XXXI. Namum, pandemi Covid-19 membuat kedua ajang itu diundur ke 2022. Vietnam kemudian menyatakan hanya sanggup menggelar SEA Games.

"Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri," kata Menpora.

2 dari 4 halaman

Ditetapkan Sejak Januari

Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN. (Gambar oleh Thuận Tiện Nguyễn dari Pixabay )

Dalam perjalanannya, Kemenpora bersama Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah kepada Presiden Jokowi dengan lokasi Jawa Tengah, tepatnya di Surakarta dan sekitarnya, yang juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games VI 2011.

Keputusan penetapan Surakarta sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022 sudah dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu.

"Walaupun ini sangat dekat, tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011, itu nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan beberapat tempat yang menjadi pelaksanaan," ujar Menpora.

3 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Raka Jadi Ketua Panitia

Menpora Zainudin Amali. (foto: istimewa)

Sebelumnya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga sudah mendapatkan amanat menjadi kedua panitia penyelenggara atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commitee (INASPOC) 2022.

4 dari 4 halaman

Infografis

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya