Pemilik NFT Bored Ape Yacht Club Akuisisi CryptoPunks dan Meebits

Melalui akuisisi tersebut, Yuga sekarang memiliki merek, hak cipta dalam seni, dan hak IP lainnya untuk kedua koleksi.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 22 Mar 2022, 17:07 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Liputan6.com, Jakarta - Yuga Labs, startup di balik koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang sangat populer, telah mengakuisisi kekayaan intelektual CryptoPunks dan Meebits dari Larva Labs.

Melalui akuisisi tersebut, Yuga sekarang memiliki merek, hak cipta dalam seni, dan hak IP lainnya untuk kedua koleksi, bersama dengan 423 CryptoPunk dan 1.711 Meebits NFT. 

Akuisisi ini menunjukkan kegemaran NFT yang menggunakan teknologi blockchain untuk memverifikasi kepemilikan barang digital masih berjalan lancar dan terus mengalami perkembangan industri di dalamnya.

"Kesepakatan itu terjadi dengan cara yang sangat organik dari percakapan antara mitra kami Guy Oseary dan para pendiri Larva Labs,” kata Yuga Labs dalam mengumumkan kesepakatan, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (22/3/2022). 

Menurut Yuga Labs, sekarang ia memiliki IP untuk CryptoPunk dan Meebits, ia akan segera memberikan pemegang CryptoPunks dan Meebits hak komersial yang sama dengan pemilik Bored Ape Yacht Club dan Mutant Ape Yacht Club.

"Kami sedang bekerja dengan tim hukum kami untuk merancang syarat dan ketentuan baru untuk kedua koleksi, dan berharap untuk segera membagikannya kepada komunitas,” kata perusahaan itu. 

"Dengan menyerahkan hak-hak ini, kami semakin menyelaraskan CryptoPunks dan Meebits dengan etos web3, dan kami mengharapkan berbagai pengembang pihak ketiga dan pembuat komunitas untuk memasukkan CryptoPunks dan Meebits ke dalam proyek web3 mereka,” lanjut pernyataan perusahaan. 

Hingga saat ini, NFT CryptoPunks senilai USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 31,5 triliun telah diperdagangkan oleh penggemar dan spekulan, diikuti oleh 10.000 NFT Bored Ape Yacht Club senilai lebih dari USD 1 miliar, menurut OpenSea, pasar NFT terbesar di dunia. Sedangkan, NFT Meebits telah diperdagangkan sekitar USD 227 juta.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

FC Barcelona Bakal Bikin Cryptocurrency

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, raksasa sepak bola Liga Spanyol FC Barcelona ingin membuat cryptocurrency sendiri, kata presidennya, menurut sebuah laporan oleh ESPN.

Presiden FC Barcelona, Joan Laporta mengatakan di Mobile World Congress di Barcelona, klub telah menolak tawaran untuk dikaitkan dengan perusahaan kripto karena ingin mengembangkan cryptocurrency dan metaverse-nya sendiri.

“Kami ingin membuat cryptocurrency sendiri dan kami harus melakukannya sendiri. Kami berbeda karena kami bertahan secara finansial dari apa yang dapat kami hasilkan melalui industri olahraga,” kata Laporta, dikutip dari CoinDesk, Minggu, 20 Maret 2022.

Tidak seperti kebanyakan klub sepak bola besar, Barcelona dimiliki dan dioperasikan oleh para penggemarnya. Tata kelola klub dibangun sekitar 160.000 anggota daripada pemegang saham. Itu adalah klub sepak bola paling berharga di dunia pada 2021, menurut Forbes.

"Kami tidak memiliki perusahaan besar atau pemegang saham di belakang kami. Itu memaksa kami untuk menjadi imajinatif, inovatif, berani dan selangkah lebih maju di banyak bidang yang mengelilingi industri olahraga,” ujar Laporta.

Laporta mengatakan klub akan meluncurkan berbagai Non-Fungible Token (NFT) dalam waktu dekat, mengikuti rencana yang awalnya diumumkan pada November lalu. 

Tidak jelas pada titik ini untuk apa kripto Barcelona akan digunakan, apakah itu bentuk token penggemar yang mirip dengan yang ditawarkan oleh Socios atau alat pembayaran untuk tiket dan barang dagangan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya