Banjir di Jompo Wetan Purbalingga, Jembatan Ambruk Terseret Arus

Dalam sebuah video amatir yang diunggah warga, tampak petugas penyelamat mengevakuasi warga menggunakan tali dalam banjir di Jompo, Purbalingga

oleh Liputan6.comRudal Afgani Dirgantara diperbarui 13 Mar 2022, 04:00 WIB
Banjir Sungai Jompo, Purbalingga, Jawa Tengah. (Foto: UPT Sercit Pusdataru/Liputan6.com)

Liputan6.com, Purbalingga - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah memicu banjir di Desa Jompo Wetan Kecamatan Kalimanah, Sabtu (12/3/2022). Banjir ini bahkan membuat jembatan penyeberangan dari kayu hanyut terseret banjir.

Dalam sebuah video amatir yang diunggah warga, tampak petugas penyelamat mengevakuasi warga menggunakan tali.

Sejumlah perempuan dibantu menyeberang jalan yang terendam banjir. Dalam video, arus banjir yang tingginya mencapai paha orang dewasa itu tampak cukup deras, sehingga warga harus berpegang erat pada tali saat menyeberang.

Dalam video yang lain, seorang pria tampak enggan dievakuasi. Ia memilih tetap tinggal di rumah meski banjir menerjang.

Sementara video unggahan warga lainnya menunjukkan detik-detik sebuah jembatan luluh lantak tergerus banjir. Terdengar pula suara histeris warga menyaksikan jembatan dari kayu itu hanyut oleh banjir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Penyebab Banjir

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari otoritas terkait terkait banjir Sungai Jompo ini. Namun dari penuturan warga di kolom komentar banjir mulai surut seiring hujan yang juga mereda.

Mengutip laporan PSDA Serayu Citanduy, Sungai Jompo, Desa Jompo Kulon, meluap.

Banjir tersebut dipicu hujan instensitas lebat dari pukul 15.30-18.00 WIB di wilayah Purbalingga dan sekitarnya. Akibatnya, Sungai Jompo meluap pada pukul 17.00 WIB di Bendung Pribadi.

Banjir menyebabkan pemukiman warga di RT 3 RW 1 Desa Jompo Kulon terendam. Selain itu, banjir juga merendam Jalan Nasional Sokaraja-Purbalingga.

"Upaya yg dilakukan essesment lapangan oleh Staf Balai PSDA Serayu Citanduy dan Staf Korpokla Serayu Tengah," dikutip dari laporan singkat tersebut.

Tim Rembulan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya