Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jokowi Kunjungi Putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Beredar video yang diklaim Presiden Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 10 Mar 2022, 09:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Jokowi Kunjingi Putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Video yang diklaim Presiden Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 7 Maret 2022.

Video berdurasi 1 menit 26 detik itu menampilkan iring-iringan mobil yang masuk ke rumah Atta. Kemudian pada detik selanjutnya, terlihat Jokowi sedang masuk ke suatu ruangan dengan mengenakan setelan jas hitam.

Video itu kemudian dikaitkan dengan peristiwa Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

"Moment presiden Jokowi kunjungi baby AMEENA"

"Presiden Jokowi kunjungi baby Ameena 😇…" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali ditonton dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan peristiwa Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Presiden Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Hasil penelusuran gambar mengarah ke video berjudul "ATTA Diinfus Demi Baby AMEENA. didatengin ketua MPR Ri 🙏" yang diunggah channel YouTube AH pada 28 Februari 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube AH.

Sementara, gambar Jokowi yang tengah mengenakan jas dalam video itu merupakan peristiwa Kepala Negara menghadiri acara pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah pada April 2021 lalu.

Gambar identik bisa dilihat salah satunya di artikel berjudul "Potret Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Saat Jadi Saksi Pernikahan Aurel dan Atta Halilintar" yang dimuat situs manado.tribunnews.com pada 3 April 2021 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs manado.tribunnews.com.

 

Dilansir dari Antara, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin mengatakan bahwa video Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Ameen Hanna Nur Atta adalah hoaks.

"Presiden Jokowi tidak mengunjungi anak Atta Halilintar. Mobilnya, rangkaian pengawalan juga beda," kata Bey di Jakarta, Minggu 6 Maret 2022.

 

Referensi:

https://www.antaranews.com/berita/2742989/hoaks-presiden-jokowi-kunjungi-putri-atta-halilintar-aurel-hermansyah

https://www.youtube.com/watch?v=CQPTdcwiHhA

https://manado.tribunnews.com/2021/04/03/potret-presiden-jokowi-dan-menhan-prabowo-saat-jadi-saksi-pernikahan-aurel-dan-attahalilintar?page=3

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim Presiden Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil manipulasi digital.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya