Puan Minta Anggota KPU-Bawaslu Terpilih untuk Jaga Netralitas

Selain itu, lanjut Puan, anggota KPU-Bawaslu terpilih agar memperhatikan keamanan dan kesehatan mengingat saat ini kondisi pandemi Covid-19.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 18 Feb 2022, 14:16 WIB
Ketua DPR Puan Maharani berpidato pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-16 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021). Rapat juga membahas pembentukan kementerian baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik penetapan anggota KPU dan Bawaslu terpilih periode 2022-2027.

“Selamat kepada calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027, semoga dapat menjalankan tugas dengan profesional, berintegritas, bertanggung jawab, dan amanah demi terjaminnya hak konstitusional warga negara dalam memilih dan dipilih,” ungkap Puan, Jumat (18/2/2022).

Puan mengingatkan agar anggota KPU dan Bawaslu tetap netral dalam bertugas. “Agar anggota terpilih senantiasa memegang teguh prinsip netralitas saat menjalankan tugas,” kata dia.

“Hal ini penting agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik mengingat tantangan keserentakan dalam pemilu ke depan,” sambung Puan.

Selain itu, kata Puan, anggota KPU-Bawaslu terpilih agar memperhatikan keamanan dan kesehatan mengingat saat ini kondisi pandemi Covid-19.

“Sehingga masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya tidak memiliki kekhawatiran dan tingkat partisipasi warga pada pemilu berikutnya meningkat,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Jangan Sampai Ada Petugas yang Meninggal Akibat Kelelahan

Tak hanya itu, Puan pun meminta KPU menyiapkan skema yang baik terhadap proses penghitungan suara. Hal ini mengingat pada Pemilu 2019 lalu, banyak petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia karena kelelahan.

“Kita harus memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik. Namun, dalam proses demokrasi tersebut harus dapat dipastikan bahwa kesehatan dan keamanan masyarakat menjadi prioritas,” pungkas Puan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya