DigiBos Gandeng Posfin Percepat Literasi Keuangan di Indonesia

Layanan ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai pada ‘touch-point’ yang bersahabat dan nyaman.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Feb 2022, 18:29 WIB
Kerjasama DigiBos dan POSFIN.

Liputan6.com, Jakarta DigiBos, unit usaha PT Solusi Pasti Indonesia (KasPro) bersama subsidiary PT Pos Indonesia (Persero) yakni PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN) bekerjasama mengembangkan ekosistem layanan keuangan dan pembayaran berbasis digital.

Layanan ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai pada ‘touch-point’ yang bersahabat dan nyaman.

DigiBos menjadi produk Layanan Keuangan Digital (LKD) yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

“Bersama dengan POSFIN, kami ingin terus meningkatkan pertumbuhan inklusi keuangan diIndonesia, terutama segmen kelas menengah kebawah yang masih melakukan transaksikeuangan mereka lewat warung kelontong, toko pulsa, koperasi, kantin, dan lain sebagainya,” ujar Chief of Money Transfer dan Digital Branch Officer DigiBos, Arman Bhariadi.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan sistem pembayaran berupa layanan uangelektronik dan layanan keuangan digital, DigiBos memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan dari pembelian pulsa listrik dan telepon selular.

Kemudian pembayaran tagihan listrik dan BPJS, menerima dan mengirimkan uang, membuat rekening bank serta setor dan tarikuang dari rekening bank.

Selain itu DigiBos juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS dan mengajukan pinjaman serta pembiayaan perorangan maupun usaha mikro.

 

“Melalui kolaborasi antaraPOSFIN & DigiBos, kami yakin akan mampu mendukung pertumbuhan inklusi keuangan yang lebih merata di seluruh Indonesia,” tambah Setyo Budianto, Chief Executive Officer POSFIN.

Pada kolaborasi ini, DigiBos menunjuk POSFIN sebagai agregator dari agen-agen yang bersedia untuk memberikan layanan jasa sistem pembayaran dan keuangan secara digital yang akan diproses secara online.

 

2 dari 2 halaman

Bentuk Ekosistem Digital

Kolaborasi ini dilakukan untuk mempercepat perluasan jaringan dan pembentukan ekosistem digital DigiBos, yang mana nantinya POSFIN akan merekomendasikan calon-calon Agen LKD yang telah memenuhi kriteria DigiBos.

LKD yang diberikan DigiBos ini akan bekerjasama dengan produk dari POSFIN yaitu PospayAgen, di mana masyarakat akan lebih mudah melakukan pengiriman uang ke rekening bank, pembayaran melalui virtual account, dan juga transfer dana yang dapat diambil secara tunai.

Selanjutnya kerjasama ini akan ditingkatkan melalui penambahan layanan-layanan lainnya yangdibutuhkan oleh masyarakat.

Pospay Agen telah memiliki lebih dari 100.000 agen yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. “Besar harapan kami melalui kerjasama yang terjalin antara DigiBos dan POSFIN dapat menjadisatu langkah besar untuk meratakan literasi keuangan secara digital kepada seluruh masyarakatIndonesia, khususnya yang berada di daerah,” tutup Arman.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya