Vaksin Booster di Kota Surabaya Habis, Pemkot Sedang Tunggu Tambahan Stok

Wali Kota Eri menambahkan, terkait ketersediaan vaksin untuk dosis satu dan dua di Kota Surabaya masih cukup aman, yakni sebanyak 11.000 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Jan 2022, 11:12 WIB
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Pemerintah mulai program vaksinasi booster COVID-19 gratis untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Surabaya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, stok vaksin booster atau vaksin ketiga di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, saat ini habis dan masih menunggu alokasi dari pemerintah pusat.

Eri Cahyadi di Surabaya, Minggu (16/1/2022), menyampaikan, untuk saat ini Pemkot Surabaya sedang menunggu kedatangan vaksin booster dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Artinya ini sudah habis, karena untuk booster hanya bisa jenis vaksin Pfizer, Moderna, Astrazeneca. Untuk vaksin booster, ketersediaan masih menunggu dropping alokasi dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," katanya, dilansir dari Antara.

Wali Kota Eri menambahkan, terkait ketersediaan vaksin untuk dosis satu dan dua di Kota Surabaya masih cukup aman, yakni sebanyak 11.000 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac.

"Tapi vaksin booster tidak, kalau hari ini terkirim lagi maka kita bisa lakukan vaksinasi pada hari Senin. Sedangkan pelaksanaan vaksin booster untuk masyarakat umum masih menunggu Surat Edaran resmi dan petunjuk teknis dari Kemenkes RI," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 2 halaman

Target Vaksinasi Booster

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Program vaksinasi lanjutan (booster) COVID-19 diberikan kepada kelompok prioritas yaitu lanjut usia dan penderita immunokompromais. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eri mengatakan, target siap vaksinasi booster untuk lansia yang ber-KTP Surabaya adalah sebanyak 80.747 lansia. Pelaksanaan vaksinasi ini juga dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersedian stok vaksin.

Menurut dia, berdasarkan data Pemkot Surabaya, pelaksanaan vaksininasi booster per 14 Januari 2022 sudah menyasar 15.288 lansia atau sekitar 6,07 persen.

"Pada Sabtu (15/1) jenis vaksin Pfizer tinggal 2.000 dosis vaksin dan sudah habis untuk vaksin booster, sedangkan stok yang masih ada adalah jenis vaksin Sinovac untuk vaksin dosis satu dan dua," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya