Menjajal Mode Portrait di ColorOS 12 Pakai Oppo Reno6, Hasilnya?

Berikut hasil bidikan kamera Oppo Reno6 dengan ColorOS 12 menggunakan mode Portrait.

oleh Iskandar diperbarui 13 Jan 2022, 17:00 WIB
Mode Portrait ColorOS 12 di Oppo Reno6. Liputan6.com/Iskandar

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno6 yang memosisikan diri sebagai AI Portrait Expert, dikenal memiliki deretan fitur kamera berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang powerful.

Fotografi komputasi tersebut memudahkan kamu untuk menghasilkan foto dan video portrait yang estetis dan sinematik. Salah satu efek unggulannya adalah bokeh.

Terkini, Oppo Reno6 sudah mulai kebagian ColorOS 12 versi beta berbasis sistem operasi Android 12, di mana sejak meluncur di Indonesia enam bulan lalu, Reno6 menjalankan ColorOS 11 berbasis Android 11.

ColorOS 12 ditargetkan untuk memberi pengalaman seamless dan menghadirkan kemudahan pengguna dalam mengintegrasikan smartphone dengan smart devices.

ColorOS 12 juga didukung animasi terbaru (Quantum Animation Engine) untuk memberikan pengalaman lebih interaktif. Selain itu juga ada anti-stuttering AI Engine yang dikembangkan untuk menyuguhkan pengalaman sistem operasi yang mulus.

User interface anyar ini juga mendefinisikan ulang tampilan, untuk mengatasi padatnya informasi dengan memperbanyak ruang putih, meningkatkan kontrak teks, dan membedakan corak warna.

Antarmuka yang lebih segar pada ColorOS 12 juga hadir di sektor kamera. Salah satu mode kamera yang Tekno Liputan6.com eksplorasi adalah mode Portrait.

Antarmuka Mode Portrait ColorOS 12 di Oppo Reno6. Liputan6.com/Iskandar

Pada mode portrait di Reno6 dengan ColorOS 12, bokeh meter berada di bagian kiri bawah. Sementara menu filter dan efek ada di sebelah kanan.

Ubahan tampilan ini terlihat lebih clean dan simple, berbeda dengan ColorOS 11 yang meletakkan bokeh meter di bagian atas.

Jika kamu menyentuh ikon Magic Wand di kiri bawah pada mode Portrait ColorOS 12, kamu akan menemukan dua pengaturan: Retouch dan Filter.

Jumlah filter Portrait di ColorOS 12 sendiri lebih banyak ketimbang di ColorOS 11. Kamu bisa bermain dengan filter jagoan seperti AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait bersama dengan filter Original dan lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hasil Foto

Penasaran bagaimana hasil fotonya? Berikut hasil bidikan kamera Oppo Reno6 dengan ColorOS 12 menggunakan mode Portrait (AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait).

Hasil foto di mode Portrait (filter AI Color Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 12. Liputan6.com/Iskandar)
Hasil foto di mode Portrait (filter Bokeh Flare Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 12. Liputan6.com/Iskandar)

Hasil foto di atas menampilkan warna kulit natural, dengan saturasi warna yang lebih baik sehingga objek wajah terlihat detail dan terkesan hidup.

Nah, bagi kamu pengguna Reno6 yang penasaran ingin menjajal Android 12 versi beta, cukup buka menu Settings, lalu pilih Software Update, dan klik ikon pengaturan di kanan atas layar dan pilih versi trial.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Kamera Oppo Reno6

Ilustrasi Selfie menggunakan OPPO Reno6 /Istimewa.

Reno6 memiliki empat kamera belakang, yakni kamera utama 64MP dengan aperture f1.7, kamera wide angle 8MP dengan sudut 119 derajat dan aperture f2.2.

Selain itu ada pula kamera makro 2MP (4cm) dengan aperture f2.4, dan kamera mono 2MP dengan aperture f2.4. Untuk kamera selfie-nya, Oppo Reno6 memiliki lensa 44MP dengan aperture f2.4.

Selain dari lensa-lensa yang digunakan, kemampuan kamera Reno6 juga berkat penggunaan Snapdragon 720G yang mendukung seluruh proses konten video maupun foto.

Salah satunya adalah menyokong operasional fitur AI Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini digadang-gadang jadi yang pertama di industri kamera, secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Fitur ini tersedia berkat dukungan algoritma AI, sehingga mampu menghadirkan proses video real-time untuk menangkap video potret dengan latar bokeh.

 

4 dari 5 halaman

Daftar HP Oppo Terbaru yang Kebagian ColorOS 12

Oppo ColorOS 12 dirilis untuk pengguna di Tiongkok. (Foto: Oppo).

Saat ini Oppo mulai menggulirkan ColorOS 12 beta berbasis Android 12 Beta untuk pengguna Reno6, Reno5, Reno5 Marvel Edition, dan A74 5G di Indonesia.

Namun mengingat ini masih versi beta, aksesnya masih terbatas untuk sejumlah pengguna. Oppo pun mengatakan pembaruan akan dirilis secara bertahap.

Lalu untuk Februari 2022, ColorOS 12 versi beta akan digulirkan untuk Reno5 F, Reno4 Pro, Reno4, Reno4 F, F19 Pro, dan F17 Pro.

Menyusul kemudian pada Maret 2022, giliran Reno5 Lite, Reno4 Pro 5G, Reno4 Z 5G, Reno4 Lite, A94, A93, serta A53s 5G yang berkesempatan merasakan ColorOS generasi terbaru ini.

Sebagai informasi, ColorOS berbasis Android 12 ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2021. Saat pengumuman, perusahaan berjanji akan menggulirkan pembaruan ini ke 52 HP Oppo hingga akhir 2022.

5 dari 5 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya