Alasan Mengapa Lemon Beku Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Cara terbaik agar mendapatkan manfaat dari lemon yakni dengan membekukannya.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 14 Des 2021, 10:03 WIB
ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Lemon bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam menu makananmu. Anda bisa menambahkan lemon ke dalam jus sayuran, saus salad, penambah bumbu masakan dan digunakan untuk membuat air lemon.

Namun, banyak individu akan membuang kulitnya setelah mendapatkan bulir lemonnya. Padahal faktanya, kulit lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari India Times, Selasa (14/12/2021), penelitian mengklaim bahwa kulit lemon mengandung 5 sampai 10 kali lebih banyak vitamin daripada jus itu sendiri. 

Lemon sarat dengan vitamin dan mineral, seperti thiamine, riboflavin, zat besi, magnesium, vitamin B6, kalsium, kalium, tembaga, folat dan kalium.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat lainnya

Ilustrasi Kulit Lemon Credit: pexels.com/Gamze

Lemon juga merupakan buah anti-mikroba dan antibakteri yang kuat, yang membantu mencegah infeksi dalam tubuh. Jumlah vitamin C per porsi lemon adalah sekitar 187% dari nilai harian, yang membuatnya sangat efisien dalam melawan infeksi.

Ini juga ampuh dalam mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuhmu, membantu mencegah kerusakan pembuluh darah dan penumpukan kolesterol.

 

3 dari 4 halaman

Membekukkan lemon

Ilustrasi Lemon Credit: pexels.com/Rodnae

Selain itu, senyawa alami dalam lemon yang disebut limonoid, telah terbukti bisa mengekang pertumbuhan sel kanker payudara.

Untuk itu, cara terbaik agar mendapatkan manfaat dari lemon, Anda hanya perlu mencucinya dan memasukkannya ke dalam freezer. Saat Anda ingin menggunakannya, Anda bisa langsung mengonsumsinya secara utuh tanpa harus mengupasnya begitu lemon membeku.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya