Besok Akan Ada Hujan Meteor Geminid, Ketahui Waktu dan Cara Menyaksikannya

Hujan meteor Geminid diperkirakan akan mencapai puncaknya pada malam Selasa (14/12/2021) hingga Rabu (15/12/2021).

oleh Camelia diperbarui 13 Des 2021, 18:46 WIB
Ilustrasi meteor yang jatuh ke bumi (dok. Unsplash/ Austin Schmid)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan meteor Geminid diperkirakan akan mencapai puncaknya pada malam Selasa (14/12/2021) hingga Rabu (15/12/2021).

Dilansir dari Pusat Riset Antariksa, waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor Geminid ialah sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut.

Intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 86 meteor/jam (Sabang) hingga 107 meteor/jam (P. Rote). Fenomena langit ini merupakan salah satu yang paling terkenal di antara hujan meteor tahunan karena cahayanya cukup terang.

Dilansir dari Planetary, Senin (13/12/2021), meteor Geminid berasal dari 3200 Phaethon, asteroid sebesar 5 kilometer dengan orbit yang sangat dekat dengan Matahari. Orbit ini diperkirakan menyebabkannya menumpahkan puing-puing, yang kemudian menabrak atmosfer atas bumi dengan kecepatan 130.000 kilometer per jam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

150 Meteor

Hujan Meteor Geminid. (NASA)

Hujan Meteor Geminid biasanya merupakan salah satu hujan meteor terbaik tahun ini, yang mampu menghasilkan 150 meteor atau lebih per jam di lokasi yang gelap. Meteor ini akan bercahaya cerah dan berwarna-warni.

Geminid merupakan hujan meteor utama yang titik radiannya (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini. Saat terjadi fenomena ini bulan akan 78% lebih terang dan muncul di sebagian besar malam, yang dapat menghambat penglihatan.

3 dari 3 halaman

Waktu dan Cara Menyaksikannya

Hujan Meteor Geminid (@outlaw_indian_imaging/Instagram).

Perlu diingat bahwa hujan meteor Geminid bisa disaksikan sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut.

Dilansir Planetary, cara terbaik untuk melihat hujan meteor adalah antara tengah malam dan dini hari, karena saat itulah Anda berada di sisi terdepan Bumi, menyaksikan puing-puing komet mendatangi Anda. Sementara lokasi untuk bisa mengamati Hujan Meteor Geminid adalah tempat yang bebas polusi cahaya dan cuaca yang cerah.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya