Infografis Covid-19 Varian Baru Omicron Hantui Dunia

Afrika Selatan melaporkan varian baru Covid-19 ini kepada WHO pada 24 November 2021. Seiring dengan itu varian Omicron diduga tersebar di 9 negara tetangga Afrika Selatan.

oleh Anri SyaifulAbdillah diperbarui 30 Nov 2021, 11:29 WIB
Banner Infografis Varian Baru Omicron Hantui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara. Dalam hitungan hari sejak terdeteksi pertama di Afrika Selatan pada 9 November 2021, Omicron masuk kategori Variant of Concern atau varian dengan kewaspadaan tinggi.

Afrika Selatan melaporkan varian baru Covid-19 ini kepada Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada 24 November 2021. Seiring dengan itu varian Omicron diduga tersebar di 9 negara tetangga Afrika Selatan.

Bukan hanya di Afrika. Varian baru Covid-19 itu juga telah terdeteksi di beberapa negara Eropa dan Asia. Hong Kong menjadi wilayah terdekat dengan Indonesia yang terdeteksi adanya Omicron.

Seberapa besar bahaya Omicron dan tingkat pengaruhnya terhadap efektivitas vaksin Covid-19? Bagaimana antisipasi beberapa negara termasuk Indonesia untuk menangkal varian Omicron? Simak dalam Infografis berikut ini:

2 dari 4 halaman

Infografis

Infografis Varian Baru Omicron Hantui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
3 dari 4 halaman

Menyebar dari Afrika Selatan

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Jurus Tangkal Omicron

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya