Penampakan Misterius UFO Berbentuk Donat di Atas Langit Swiss, Asli ?

Kejadian misterius terjadi pada 8 November kemarin terkait penampakan UFO berbentuk donat.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Nov 2021, 19:10 WIB
Ilustrasi UFO (AFP)

Liputan6.com, Swiss - Pada Senin malam, 8 November 2021, seorang fotografer di Zurich, Swiss, yang menggunakan akun Twitter @Eavix1Eavix mengarahkan kameranya ke langit dan mengambil beberapa gambar misterius yang ia sebut sebagai doughnut UFO atau UFO donat.

Dilansir Live Science, Senin (15/11/2021), gambar yang dianggap sebagai UFO berbentuk donat itu terdiri dari beberapa cincin konsentris berwarna biru cerah. Benda itu lebih terlihat seperti pesawat ruang angkasa ketimbang donat.

Namun, kini foto tersebut sudah dihapus oleh akun @Eavix1Eavix.

Sang fotografer curiga bahwa dia benar-benar melihat sekilas kapsul Endeavour SpaceX, yang dijadwalkan kembali ke Bumi pada malam itu, dengan empat astronot yang baru saja menyelesaikan 200 hari tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Situs tabloid Inggris The Daily Mail bahkan memasukkan foto-foto menakutkan itu dalam kumpulan penampakan Endeavour pada hari berikutnya. Tetapi ternyata kapsul Endeavour mulai terlihat dari Bumi setelah pukul 10:30 malam dan mendarat di Teluk Meksiko, yang di mana berada sekitar 8.000 km dari Zurich.

Menurut Marco Langbroek, pelacak satelit amatir dan peneliti akademis di Universitas Leiden di Belanda

, masyarakat di Louisiana, Alabama, dan beberapa negara lainnya melihat dengan jelas pemandangan kapsul yang meluncur melintasi langit. Ia juga mengatakan hampir tidak mungkin ada orang di Swiss yang dapat melihat masuknya kembali pesawat itu ke Bumi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berbagai Spekulasi

Ilustrasi parkiran UFO (pixabay)

Marco Langbroek menjelaskan bahwa, "Setiap lintasan (Endeavour) di Swiss sebelum mendarat malam itu akan sepenuhnya berada dalam bayangan Bumi, yaitu tidak akan diterangi oleh matahari dan karenanya tidak terlihat (di Swiss)," katanya.

Menurut Langbroek, objek terbang tak dikenal di atas Swiss itu mungkin saja tidak terbang, itu bisa saja kumpulan gambar kacau dari bintang yang jauh.

"Saya cukup yakin bahwa 'UFO donat' pada gambar tersebut adalah gambar di luar fokus dari sebuah bintang terang," tambah Langbroek.

Gambar lain yang diambil fotografer malam itu juga disebutkan menunjukkan jejak cahaya zig-zag di belakang objek, yang menunjukkan bahwa objek itu memang bergerak.

Menurut Jonathan McDowell, astrofisikawan di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetts, ada kemungkinan bahwa UFO berbentuk donat itu adalah bagian atas roket, yakni bagian kecil paling atas dari roket yang digunakan untuk mendorong pesawat ke orbit masuk kembali ke atmosfer dan terbakar.

Namun, tanpa kerangka waktu yang tepat untuk foto-foto itu, sulit untuk mengaitkan cahaya misterius dengan objek apa pun yang diketahui ada di langit malam itu, kata McDowell. Hingga saat ini, UFO berbentuk donat di atas Swiss masih menjadi misteri, dan tetap menjadi objek terbang yang benar-benar tidak dikenal.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Maskapai Indonesia di Langit Eropa

3 Maskapai Indonesia Keluar dari 'Daftar Hitam' Uni Eropa (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya