Demi Awet Muda dan Sehat, 6 Perawatan Wajah Ini Jangan Diabaikan!

Usai seharian beraktivitas, jangan lupa untuk mengistirahatkan kulit wajah kamu, caranya...

oleh stella maris diperbarui 15 Nov 2021, 14:31 WIB
Ilustrasi Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/Karolina

Liputan6.com, Jakarta Wajah merupakan salah satu bagian dari tubuh wanita yang sebenarnya mesti dijaga kesehatannya, namun sayangnya sering diabaikan. Meskipun kamu nggak makeup-an seharian dan wajahmu nggak berjerawat, bukan berarti wajahmu bersih lho!

Polusi udara, debu, dan paparan dari penggunaan laptop atau komputer dapat mengurangi kualitas kulit wajahmu. Alhasil, pori-pori wajahmu tersumbat, muncul garis halus tanda penuaan, hingga kusam. 

So, jangan tunggu muncul berbagai masalah kulit. Sekarang saatnya kamu melakukan enam langkah yang wajib kamu terapkan untuk menjaga kesehatan wajah, demi awet muda dan lebih sehat. 

1. Mencuci Wajah

Perawatan wajah yang nggak boleh dilewatkan oleh wanita aktif adalah mencuci wajah. Kamu disarankan rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari. Frekuensi ini dapat ditingkatkan jika aktivitas menyebabkan wajah sangat kotor, misalnya habis berolahraga atau naik motor.

2. Menggunakan Pelembap

Penggunaan pelembap atau moisturizer sangatlah penting. Pasalnya, kulit wanita yang aktif cenderung dehidrasi. Apalagi jika aktivitas banyak di dalam ruangan ber-AC, kulit akan semakin kering. Gunakan pelembap setelah cuci wajah atau saat kulit dalam kondisi bersih.

3. Gunakan Facial Spray

Facial spray adalah amunisi wajib yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Tujuan penggunaan facial spray adalah untuk menghidrasi atau melembapkan kulit. kamu bisa sering-sering menyemprotkannya ke wajah saat sedang aktif berkegiatan.

4. Aplikasikan Sunscreen

Penggunaan sunscreen menjadi perawatan wajah terbaik untuk wanita aktif. Oleskan sunscreen 20 menit sebelum keluar rumah, dan lakukan aplikasi ulang setiap dua jam.

Selain mencegah kulit terbakar, sunscreen juga berguna untuk mencegah dari sinar ultraviolet matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit.

5. Gunakan Masker Wajah dan Krim Malam

Usai seharian beraktivitas, jangan lupa untuk mengistirahatkan kulit wajah kamu. Setelah kulit terasa tenang, kamu bisa menggunakan masker wajah untuk melembapkan, menenangkan, dan menutrisi kulit.

Sebelum tidur, gunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit sehingga kulit tampak bercahaya dan merona.

6. Konsumsi Vitamin atau Suplemen

Nggak ada salahnya untuk menambahkan suplemen kulit dalam rutinitas sehari-hari kamu. Selain mengonsumsi buah, sayur dan air putih, suplemen yang tinggi antioksidan juga sangat baik sebagai perawatan kulit wajah wanita.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya