Polisi Telusuri Keterlibatan WN China dalam Praktik Pinjol Nakal

Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat akan menjalin komunikasi dengan Divisi Hubungan Internasional Polri untuk mencari pelaku lainnya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 13 Nov 2021, 11:10 WIB
Tersangka kasus pinjaman online (pinjol) ilegal. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat menelusuri dugaan keterlibatan WN Tiongkok dalam praktik salah satu perusahaan pinjaman online (Pinjol) nakal. Kasus ini diselidiki usai menerima salah satu korban seorang wanita bernama Morlin (33). Ia mengaku menerima teror dan ancaman, padahal telah melunasi seluruh uang pinjaman.

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso menerangkan, pihaknya menemukan adanya komunikasi antara pekerja pada bagian desk collection dengan WN Tiongkok.

Dia menyebutkan, aplikasi percakapan memiliki keunggulan menterjemahkan bahasa asing ke dalam Bahasa Indonesia. Sehingga, memudahkan para pekerja di desk collection menerima perintah jaringan pelaku yang ada di China.

"Tersangka ini menggunakan aplikasi, suatu aplikasi yang memungkinkan untuk video conference, kemudian menggunakan aplikasi tersebut tanpa sim card. Dan kedua pelaku ini, berhubungan dengan jaringan pelaku dari China," kata Bismo dalam keterangannya, Sabtu (13/11/2021).

Dalam hal ini, Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat akan menjalin komunikasi dengan Divisi Hubungan Internasional Polri untuk mencari pelaku lainnya.

"Nanti kami akan koordinasi dengan Internasional Polri," ujar dia.

Lebih lanjut, Kanit Krimsus Polres Metro Jakarta Barat AKP Fahmi Fiandri menerangkan, kedua pekerja bagian desk collection mengandalkan video conference melalui suatu aplikasi.

"Jadi dia berkomunikasi melalui suatu aplikasi itu. Mereka tidak bisa berhubungan langsung karena mereka bekerja melalui virtual office semuanya. Jadi semua komunikasi terputus karena mereka tidak pernah bertemu. Mereka bertemu kalau mengadakan rapat aja melalui virtual office," ujar dia.

Fahmi menerangkan, ia tengah memburu para pelaku lain. Berdasarkan struktur di organisasi perusahaan ada pimpinan tertingginya adalah Mr H, Mr S dan Mr Y yang ada di China.

"Ini yang langsung berikan perintah kepada TL TL salah satunya ya ke Saudara AH," terang dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Ditangkap di Tangsel dan Garut

Hasil penyelidikan mengungkap bahwa, kedua pekerja di desk collection wajib menginformasikan perkembangan kegiatan yang mereka lakukan dalam tempo tiga jam sekali.

"Jadi aktivitas dalam aplikasi ini harus report terus ke sana sehingga kalau tidak ada akan terputus. Kalau misalnya ada penjelasan dari team leader atau tim desk collection baru dihubungkan lagi," tandas dia.

Sebelumnya, peneror dan pengancam Morin telah ditangkap di dua lokasi berbeda yakni di Tangerang Selatan dan Garut. Keduanya adalah RA dan AH yang bekerja di desk collection perusahaan tersebut.

Adapun, AH adalah pimpinan dari desk collection. Dialah yang menyuruh RA mengancam korban. Adapun, bentuk ancaman menyebarluaskan data-data pribadi. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 27 ayat 4 Undang-Undang ITE No 19 tahun 2016.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya