Jokowi Targetkan Rehabilitasi 34.000 Hektare Hutan Mangrove Tahun Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan hutan Mangrove terluas di dunia.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 29 Sep 2021, 11:42 WIB
Menyambut tahun 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia mampu bangkit dari pandemi COVID-19. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan hutan Mangrove terluas di dunia.

“Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia. Luasnya 3,36 juta hektare atau sekitar 20 persen total hutan mangrove di dunia,” kata Jokowi dikutip dari akun instgram resmi @jokowi, Rabu (29/9/2021).

Untuk itu, Jokowi menyatakan perlu melestarikan dan merehabilitasi hutan mangrove di tanah air. Ia menargetkan 34.000 hektare lahan bisa direhabilitasi pada tahun 2021.

“Kita perlu melestarikan dan memulihkan hutan-hutan mangrove ini. Pemerintah menargetkan rehabilitasi mangrove di lahan 34.000 hektare tahun ini, dan 600.000 hektare di seluruh Indonesia sampai tahun 2024,” jelasnya.

2 dari 2 halaman

Manfaat Mangrove

Jokowi menyebut hutan mangrove memiliki banyak fungsi bagi ekosistem, diantaranya mengurangi abrasi air laut, dan megurangi emisi karbon.

“Kita tahu, hutan mangrove dapat berfungsi untuk memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, mengurangi abrasi air laut, dan megurangi emisi karbon lebih banyak dibandingkan hutan-hutan tropis di darat,” pungkas Jokowi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya