Polisi Periksa 25 Saksi Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Ada Pegawai Lapas

Yusri menerangkan, ke-25 saksi kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang seluruhnya hadir memenuhi panggilan penyidik.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 13 Sep 2021, 18:38 WIB
Penampakan Lapas Kelas I Tangerang usai kebakaran, Rabu (8/9/2021). (dok Kemenkumham)

Liputan6.com, Jakarta - Saksi yang diperiksa terkait kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang terus bertambah. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut, 25 orang saksi dimintai keterangan hari ini. Adapun, pemeriksaan dilakukan di Polres Metro Tangerang dan Polda Metro Jaya.

"15 saksi diperiksa di Mapolda Metro Jaya, 10 saksi diperiksa di Polres Tangerang Kota," kata dia dalam keterangan, Senin (13/9/2021).

Yusri menerangkan, ke-25 saksi seluruhnya hadir memenuhi panggilan penyidik. Yusri merinci, 12 orang saksi yang diperiksa di Polda Metro Jaya ialah pegawai Lapas Kelas I Tangerang.

"Dia yang piket pada saat kejadian," ucap dia.

Sementara itu, tujuh orang saksi yang dimintai keterangan di Polres Metro Tangerang yakni warga binaan Lapas Kelas I Tangerang. Yusri kemudian mengungkapkan alasannya.

"Karena yang bersangkutan adalah warga binaan dan lebih dekat dan lebih aman untuk kita lakukan pemeriksaan di Mapolres Tangerang Kota," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Kasus Kebakaran Naik ke Penyidikan

Berkas perkara kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang resmi dinaikkan dari dari tahap penyelidikan menjadi tahap penyidikan. Berdasarkan hasil gelar, ditemukan ada dugaan pidana di Pasal 187 KUHP, Pasal 188 KUHP dan Pasal 359 KUHP.

"Sudah ditemukan memang ada pidana di situ sehingga berdasarkan hasil gelar perkara kami naikan dari tingkat penyelidikan ke penyidikan," tandas dia.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya