5 Aplikasi Video Pendek Paling Populer di Indonesia

Berikut ini adalah lima aplikasi video pendek yang tengah populer di Indonesia. Apa saja?

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 13 Sep 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Media Sosial Credit: pexels.com/Tracy

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan internet dan aplikasi media sosial yang terus bermunculan tidak dimungkiri ikut mendorong pertumbuhan pengguna termasuk di Indonesia.

We Are Social dan Hootsuite mencatat jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta per Januari 2021.

Sementara itu, We Are Social dan Hootsuite juga menemukan 98,6 persen pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat konten video online. Karenanya, platform media sosial berbasis video kini tengah populer.

Utamanya saat ini, aplikasi video pendek tengah menjadi salah satu pilihan para pengguna. Tidak hanya dipakai untuk menikmati konten hiburan, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai sarana edukasi.

Dari sekian banyak media sosial yang memiliki format video pendek, ada beberapa yang ternyata menjadi favorit bagi pengguna di Indonesia. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. TikTok

Platform berbagai video pendek dari Bytedance ini memang tengah mendulang popularitas. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga secara global.

Menurut data terbaru, ada 10 juta pengguna aktif TikTok di Indonesia, sedangkan di seluruh dunia jumlahnya mencapai 732 juta.

Aplikasi ini disebut menjadi populer karena menawarkan piranti editing yang terbilang beragam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Aplikasi Lain

Ilustrasi aplikasi SnackVideo. (Ist.)

2. SnackVideo

Selain TikTok, aplikasi laiin yang sedang melejit di Indonesia adalah SnackVideo. Aplikasi besutan Kuaishao Technology ini memungkinkan pengguna mengunggah video mulai dari 15 sampai 60 detik.

Pengguna juga bisa mengeditnya dengan beragam tambahan musik, audio dubbing, filter, dan efek. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki live streaming, sehingga para pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan para follower-nya.

3. Likee

Ilustrasi Aplikasi Likee

Aplikasi Likee pertama kali muncul pada 2017 dengan nama LIKE, tapi aplikasi ini berubah nama menjadi seperti yang dikenal saat ini pada Juni 2019.

Likee merupakan aplikasi pembuat video pendek di bawah naungan BIGO Technology. Sama seperti aplikasi lain, Likee memiliki sejumlah fitur editing hingga live streaming.

Tidak hanya ada di Indonesia, Likee juga hadir di negara lain, seperti Rusia, Tiongkok, Amerika Serikat, dan 200 negara lainnya.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Layanan mirip TikTok milik Instagram, Reels, diuji coba di India usai pemblokiran TikTok (Foto: Instagram)

4. Instagram Reels

Reels merupakan inovasi terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna mengunggah video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik.

Pada dasarnya, fitur ini tidak berbeda dengan sejumlah aplikasi media sosial berbasis video pendek lain. Ada fitur edit, efek kamera, hingga menambahkan musik.

5. YouTube Shorts

YouTube Shorts. (Doc: YouTube)

Mengingat YouTube merupakan platform yang memang sejak awal fokus pada video, aplikasi milik Google ini juga hadir dengan kemampuan video pendek, yakni Shorts.

YouTube Shorts memungkinkan pengguna mengunggah video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik, lengkap dengan fitur pendukung, seperti musik, audio, filter, dan tulisan.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya