Top 3: Syarat Jemaah Asing yang Sudah Divaksin COVID-19 Sinovac Boleh Umrah Disorot

Top 3: umrah dibuka serta persyaratan bagi penerima vaksin Sinovac tengah jadi sorotan.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 10 Agu 2021, 15:36 WIB
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana lambat ini menunjukkan anggota keamanan memastikan jemaah umrah menerapkan jaga jarak untuk membantu mengekang penyebaran virus corona COVID-19 saat tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (13/4/2021). (AP Photo/Amr Nabil)

Liputan6.com, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi membuka umrah bagi jemaah internasional. Remaja pun boleh ikut serta. Syaratnya, mereka harus disuntik vaksin COVID-19 secara full. 

Ada empat vaksin yang diterima Arab Saudi: Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson. Penerima vaksin Sinovac baru boleh masuk jika disuntik lagi dengan vaksin-vaksin itu. 

Kabar mengenai umrah dan vaksinasi COVID-19 menjadi topik terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Selasa (10/8/2021). 

Selain itu, ada kabar mengenai melonjaknya kasus COVID-19 di Kamboja. Tingginya kasus corona di Asia Tenggara memang sedang menjadi sorotan dunia. 

Berikut daftar artikel Top 3 selengkapnya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Umrah dan Sinovac

Umat muslim memakai masker untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona COVID-19 saat berswafoto di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Minggu (30/5/2021). (AP Photo/Amr Nabil)

Kerajaan Arab Saudi resmi siap menerima jemaah umrah dari luar negeri. Syaratnya, mereka harus mendapat vaksin COVID-19. 

Syarat itu bisa menghalangi jemaah dari Indonesia sebab vaksin Sinovac belum lolos penggunaannya di Arab Saudi. Kementerian Kesehatan Saudi juga membantah telah memberikan izin.  

 

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2, Kasus Corona di Kamboja

Seorang pedagang menyiapkan daging untuk dijual di sepanjang jalan karena pasar tetap tutup di tengah pembatasan lockdown yang diberlakukan untuk mencoba menghentikan lonjakan kasus virus corona COVID-19 di Phnom Penh, Kamboja, Selasa (11/5/2021). (TANG CHHIN Sothy/AFP)

Kamboja pada Senin, 9 Agustus 2021 mengonfirmasi 508 kasus COVID-19 baru, di mana 121 di antaranya merupakan kasus impor. Hal itu meningkatkan total beban kasus nasional menjadi 82.399, kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Angka ini menujukkan bahwa kasus harian COVID-19 di negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara itu belum mengalami penurunan yang signifikan, demikian dikutip dari laman Xinhua, Senin (9/8/2021).

 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Jemaah Asing Bisa Umrah

Umat Muslim berdoa dari sebuah hotel yang menghadap ke Kakbah di Masjid al-Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (4/3/2020). Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Wakil Menteri Kesehatan Abdel-Fattah Mashat melarang sementara penduduknya untuk melaksanakan ibadah umrah. (AP Photo/Amr Nabil)

Kerajaan Arab Saudi menutup perbatasannya sekitar 18 bulan lalu karena pandemi Virus Corona COVID-19. 

Sejak 1 Agustus, turis asing yang sudah divaksinasi juga diizinkan masuk.

Bulan lalu, hanya sekitar 60.000 penduduk yang sudah menerima vaksin COVID-19 yang diizinkan untuk ambil bagian dalam ibada haji 2021 dengan sejumlah pembatasan. 

 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya