Hari Kucing Sedunia, Mari Amati Makna dalam Dengkuran Mereka

Penelitian yang dimuat dalam artikel New Scientist mengungkapkan beberapa faktor dari dengkuran kucing.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Agu 2021, 16:32 WIB
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hari kucing sedunia jatuh pada 8 Agustus 2021. Dalam menyabut hari kucing, beberapa fakta unik terkait hewan tersebut bisa menjadi hal menarik yang bisa kita amati.

Sejak usia dini, banyak dari kita diberitahu bahwa ketika kucing mendengkur, mereka memberi tahu kita bahwa mereka bahagia.

Sementara mendengkur dianggap sebagian terjadi sendirinya dan sebagian naluriah, penelitian menunjukkan bahwa kucing dapat mendengkur karena berbagai alasan - menggunakan gemuruh lembut sebagai cara berkomunikasi dan sebagai bentuk menenangkan diri atau bahkan penyembuhan, seperti dikutip dari laman New Scientist, Minggu (8/8/2021).

Inilah sebabnya mengapa kucing sering mendengkur ketika mereka terluka, atau setelah menghadapi situasi yang membuat mereka stres.

Anak kucing awalnya terlahir buta dan tuli, sampai mereka berusia sekitar dua minggu.

Namun, mereka mulai mendengkur setelah beberapa hari, terutama untuk memberi tahu ibu mereka di mana mereka berada, dan untuk menarik perhatian pada waktu makan.

Perilaku ini berlanjut hingga usia dewasa dan akan akrab bagi pemilik mereka yang ditunjukkan tampilan koersif mendengkur saat makan malam.

Namun, ini hanyalah salah satu dari beberapa cara dengkuran yang berbeda.

Kucing juga kerap terdengar mendengkur ketika manusia membelai mereka - mengarah ke hubungan antara mendengkur dan kesenangan.

Perilaku kucing yang diamati menunjukkan bahwa mereka mungkin juga mencoba untuk mendorong interaksi lebih lanjut, seolah-olah mengatakan "tolong terus usap aku".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tanda Menangis Hingga Menghilangkan Rasa Sakit

Makanan Kucing Persia (Sumber: Pixabay)

Adapun sebuah studi pada tahun 2009 yang menemukan bahwa kucing dapat menyembunyikan tangisan di dalam dengkuran mereka yang memicu naluri pengasuhan pada pemiliknya - mirip dengan tangisan bayi manusia.

Studi tersebut mengamati bahwa ketika kucing mendengkur untuk meminta makanan, dengan suara yang mereka tunjukkan "lebih mendesak dan kurang menyenangkan", menunjukkan bahwa mereka dapat memanipulasi dengkuran mereka untuk mengomunikasikan hal-hal yang berbeda.

Menurut pembaca New Scientist, kucing juga akan mengadaptasi suara seperti meong mereka untuk mendapatkan respons dari pemiliknya.

Ini berarti bahwa jika kucing memiliki pemilik yang tuna rungu, kemungkinan mereka akan mengeong lebih sedikit setelah mereka mengetahui bahwa itu tidak memicu respons. Namun, kucing yang sama mungkin akan terus mendengkur, tanpa mengubah frekuensi suaranya.

Penelitian tentang perilaku kucing betina telah tertinggal dari anjing, tetapi sebuah penelitian pada tahun 1991 menyimpulkan bahwa mendengkur berasal dari kotak suara kucing, atau laring. Saat kucing bernafas, mereka melebarkan dan menyempitkan glotis, area di sekitar pita suara mereka, dengan cara yang cepat dan berirama.

Saat udara bergetar di atas otot laring mereka, suara mendengkur muncul.

Tetapi mengapa kucing mendengkur setelah meghadapi situasi yang membuat mereka stres?

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam The Journal of the Acoustical Society of America menunjukkan bahwa kucing domestik dan beberapa spesies kucing besar, termasuk puma dan cheetah, dapat mendengkur pada frekuensi yang optimal untuk menghilangkan rasa sakit dan bahkan memperbaiki tulang.

Jadi bagaimana kita bisa tahu mengapa kucing milik kita mendengkur?

Peluang terbaik Anda untuk memahaminya adalah dengan melihat bahasa tubuh dan konteksnya. Jika mereka mendengkur di pagi hari, mereka mungkin meminta untuk diberi makan.

Kemudian, jika kita baru saja pulang dari kerja, mereka mungkin menyapa dan jika mereka duduk di pangkuan Anda, mendengkur dengan puas, mereka mungkin hanya menandakan persetujuan mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya