FOTO: Ritual Persembahan untuk Ibu Pertiwi di Bolivia

Menurut tradisi penduduk asli Aymara, Pachamama membangunkan lapar dan haus setiap Agustus usai musim kemarau.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 02 Agu 2021, 09:00 WIB
FOTO: Ritual Persembahan untuk Ibu Pertiwi di Bolivia
Menurut tradisi penduduk asli Aymara, Pachamama membangunkan lapar dan haus setiap Agustus usai musim kemarau.
Seorang pria membawa dua llama muda yang mati untuk dibakar dalam ritual persembahan untuk Pachamama atau Ibu Pertiwi di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). Menurut tradisi Aymara, Pachamama terbangun lapar dan haus setiap bulan Agustus setelah musim kemarau. (AP Photo/Juan Karita)
Orang-orang memegang llama muda yang mati untuk dibakar dalam ritual persembahan untuk menghormati Pachamama atau Ibu Pertiwi di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). Untuk mengenyangkan Pachamama, para penyembah melemparkan sesaji ke dalam api unggun. (AP Photo/Juan Karita)
Seorang pria dan wanita memegang llama muda untuk dibakar dalam ritual persembahan menghormati Pachamama atau Ibu Pertiwi di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). Menurut tradisi Aymara, Pachamama terbangun lapar dan haus setiap bulan Agustus setelah musim kemarau. (AP Photo/Juan Karita)
Orang-orang membakar persembahan untuk menghormati Pachamama atau Ibu Pertiwi di La Cumbre, sebuah gunung yang dianggap suci tempat patung Yesus Kristus berdiri di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). (AP Photo/Juan Karita)
Orang-orang membakar persembahan untuk menghormati Pachamama atau Ibu Pertiwi di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). Untuk mengenyangkan Pachamama, para penyembah melemparkan sesaji ke dalam api unggun. (AP Photo/Juan Karita)
Orang-orang membakar persembahan untuk menghormati Pachamama atau Ibu Pertiwi di La Cumbre, sebuah gunung yang dianggap suci di pinggiran La Paz, Bolivia, Minggu (1/8/2021). Menurut tradisi Aymara, Pachamama terbangun lapar dan haus setiap bulan Agustus setelah musim kemarau. (AP Photo/Juan Karita)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya