Harmoko Wafat, Ketum Perbasi : Almarhum Punya Jasa Besar untuk Bola Basket Indonesia

Harmoko merupakan ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi yang kelima.

oleh Thomas diperbarui 04 Jul 2021, 22:05 WIB
Ilustrasi Duka Cita (istockphoto.com)

Liputan6.com, Jakarta- Mantan Menteri Penerangan era Orde Baru Harmoko meninggal dunia pada Minggu (4/7/2021) malam WIB. Harmoko wafat di usia 82 tahun. Selain di politik, Harmoko punya rekam jejak di dunia olahraga.

Harmoko pernah lama mengurus bola basket Indonesia dengan menjadi ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi. Harmoko tercatat sebagai ketum Perbasi kelima.

Harmoko memimpin Perbasi cukup lama. Harmoko berkuasa selama tiga periode dari 1986 hingga 1998. Posisi Harmoko kemudian digantikan oleh Sutiyoso seiring kejatuhan Orde Baru di tahun 1998.

Jasa-jasa Harmoko cukup besar untuk bola basket nasional. Ketua umum Perbasi saat ini Danny Kosasih menjadi salah satu saksi perkembangan bola basket di bawah kepimpinan Harmoko.

"Kami keluarga besar PP Perbasi turut berduka cita atas meninggalnya bapak Harmoko. Saya berdoa supaya keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan dan kesabaran," ujar Danny saat dihubungi Liputan6.com Minggu (4/7/2021) malam WIB.

Saksikan Video Menarik Ini

2 dari 2 halaman

Masuk TV

"Di zaman pak Harmoko bola basket mulai bertumbuh karena saat itu semua pertandingan bola basket bisa masuk televisi. Cukup banyak sumbangsihnya untuk bola basket Indonesia," ujar Danny Kosasih yang sudah aktif di bola basket nasional selama puluhan tahun.

Kabar wafatnya Harmoko diungkap oleh Ananda Sukarlan melalui Twitter. Harmoko meninggal dunia pada pukul 20.22 malam di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya