Menkominfo Siapkan 5 Program Strategis 2022, Termasuk Pemerataan Layanan Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyiapkan 5 program strategis untuk mendukung tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 08 Jun 2021, 08:42 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate saat mengumumkan mengenai aplikasi TraceTogether untuk tracing dan tracking Covid-19 (Foto: Kemkominfo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyiapkan 5 program strategis untuk mendukung tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR. Johnny menyatakan program akan mendukung 3 prioritas pembangunan nasional.

Kominfo mengimplementasikan yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi), ekonomi, serta pelayanan publik,” kata Johnny dalam keterangannya, Selasa (8/6/2021).

Johnny menegaskan, target Kementerian Kominfo adalah menyiapkan landasan transformasi ekonomi Indonesia. Selain itu, pihaknya akan menyiapkan major proyek berkaitan dengan transformasi digital di Indonesia.

“Kementerian Kominfo sebagai leading sektor yang berhubungan dengan isu transformasi digital, juga ditugaskan untuk melaksanakan implementasi proyek atau major project transformasi digital untuk meningkatkan pemerataan dan kualitas layanan digital di Indonesia,” paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

5 Program Prioritas

Adapun lima program prioritas Kominfo diantaranya percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, penguatan infrastruktur digital pemerintah, penguatan tata kelola data termasuk pertukaran data lintas batas, dan penguatan komunikasi publik, termasuk melalui platform digital.

“Upaya percepatan pembangunan Base Transceiver Station (BTS), integrasi Palapa Ring, penyediaan akses internet, penyediaan kapasitas satelit, penggelaran Internet 4G oleh operator, pembangunan pusat monitoring telekomunikasi dan penyiaran, serta upaya digitalisasi penyiaran," kata Johnny.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya