Para Ibu, Ini 4 Cara Mudah Mengajak Anak Mau Makan Sayur

4 tips mudah bagi para ibu agar anaknya mau makan sayur.

oleh Helena Yupita diperbarui 21 Jun 2021, 19:15 WIB
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Nutrisi adalah salah satu perhatian paling penting dari orang tua untuk anak-anaknya. Hampir semua ibu memaksa dan mengejar anak-anak mereka untuk memberi makanan bergizi khususnya sayur. 

Menjerit, berteriak, dan panik adalah pemandangan dalam rumah tangga yang cukup umum untuk membuat anak-anak mau makan sayuran. Namun sejumlah ancaman justru membuat tekad anak lebih kuat untuk menahan diri dari makan sayur. 

Melansir dari laman magforwoman, inilah yang dapat Anda dan para ibu lakukan sekarang. Berikut beberapa cara yang sangat mudah untuk membuat anak-anak mau untuk makan sayuran.

1. Pahami cara berpikir anak Anda

Ini sangat penting mengingat fakta bahwa Anda harus meyakinkan mereka jika makan sayuran adalah hal yang baik untuk mereka sendiri.

2. Jangan pernah berteriak pada anak-anak

Terkadang anak-anak mungkin menjadi rewel dengan omelan orang tuanya yang terus-menerus. Tidak peduli seberapa besar keinginan Anda, tapi jangan pernah sekali pun meneriaki mereka karena tidak mau makan sayuran.

 

2 dari 2 halaman

3. Yakinkan mereka dengan bercerita tentang pahlawan super

ilustrasi sayuran/Photo by Nadine Primeau on Unsplash

Anak-anak biasanya suka hidup di dunia fantasi dan cara yang lebih baik untuk meyakinkan mereka adalah dengan memberi tahu tentang pahlawan favorit mereka. 

Telah diamati bahwa anak-anak melahap semua bayam yang disajikan ibunya, mereka berpikir bahwa mereka juga akan tumbuh kuat seperti pahlawan super yang diceritakan. 

Jadi, ketika Anda membuat perbandingan serupa untuk anak-anak, maka Anda mungkin mengamati perubahan ajaib pada pola makan mereka.

4. Mulailah dengan makanan yang anak suka

Mulailah dengan memberi makanan yang mungkin mereka sukai misalnya yogurt, jus wortel, atau apa pun. Kemudian, perlahan-lahan alihkan mereka untuk memakan semua sayuran, bahkan mungkin yang tidak mereka sukai.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya