Doa Menerima Zakat Fitrah, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Bagi penerima zakat (mustahik), setelah menerima bagiannya, dianjurkan melafalkan doa ini.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 08 Mar 2022, 15:41 WIB
Petugas bersama seorang pria berdoa usai membayarkan zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (23/6). Waktu pembayaran dibuka hingga malam takbiran dengan pembayaran zakat senilai Rp50ribu dan beras 3,5 liter. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk melengkapi bulan penuh berkah ini, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah dengan menyalurkan harta kita. Zakat fitrah disebut juga dengan zakat Nafs (jiwa), yaitu zakat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim ketika menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan.

Tujuan dari zakat fitrah ini adalah untuk membersihkan diri dengan memberikan beras atau makanan pokok kepada orang-orang yang berhak atau membutuhkan. Pahala pun semakin banyak mengalir kepada pemberi zakat, apalagi bila telah berhasil menunaikan ibadah Ramadan.

Saat ini, zakat fitrah sudah bisa disalurkan secara online. Yang penting, pemberi zakat jangan lupa untuk membaca niat dan doanya.

Sementara, bagi penerima zakat (mustahik), setelah menerima bagiannya, turut dianjurkan pula untuk melafalkan doa untuk kebaikan pemberi zakat (muzakki).

2 dari 3 halaman

Ini Doanya Bagi Mustahik

Azakallahu khairan katsiran.

Artinya,

"Semoga Allah memberimu balasan kebaikan yang banyak."

3 dari 3 halaman

Doa yang Dianjurkan oImam Syafi'i (rahimahullah)

Ajarakallahu fi ma a'thait. Wa ja'alahu laka thahuran. Wa baraka laka fi ma abqait.

Artinya,

"Semoga Allah memberimu ganjaran atas pemberianmu. Dan menjadikannya sarana penyucian bagimu. Serta memberimu keberkahan dalam harta yang masih ada padamu."

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya