Jaga Kesehatan Mental, Lakukan 9 Hal Sederhana Ini Setiap Hari

Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Apr 2021, 18:02 WIB
Ilustrasi kesehatan mental | pexels.com/@anastasia-shuraeva

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan mental amatlah penting di zaman modern yang serba cepat dan penuh kesibukan. Terlebih, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Menjaga kesehatan mental dapat memberikan kebaikan pada tubuh Anda. Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental seperti dilansir dari TimesofIndia.

1. Tambahkan lebih banyak 'warna' pada makananmu

Warna yang dimaksud di sini adalah makanan-makanan yang memiliki warna alami, seperti sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian. Makanan berwarna tak hanya terlihat cantik, tapi juga kaya nutrisi.

Makanan berwarna merah seperti paprika merah, delima, dan lainnya dapat mengurangi risiko hipertensi. Sementara makanan berwarna biru dan ungu seperti lobak ungu dapat meningkatkan kinerja memorimu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 5 halaman

2. Minum 12-12 gelas air

Ilustrasi minum air putih. (dok. Daria Shevtsova/Pexels/Brigitta Bellion)

Air dibutuhkan oleh seluruh sel di dalam tubuh agar bisa tetap bekerja sesuai fungsinya. Menjaga tubuh terhidrasi adalah salah satu hal terpenting untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

3. Berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit

Sinar matahari kaya akan vitamin D. Seperti yang diketahui, vitamin D sangat penting untuk kesehatan mental sebagaimana untuk tubuhmu.

 

3 dari 5 halaman

4. Berjalan 10 ribu langkah

Ilustrasi jalan kaki. (dok. Unsplash.com/@areksan)

Anda akan lebih mudah untuk hidup aktif bila melacak aktivitas yang dilakukan setiap hari. Anda bisa menggunakan jam tangan atau gelang kebugaran yang dapat merekam langkahmu sehari-hari.

5. Bermeditasi selama 15 menit

Bermeditasi selama 15 menit dapat membantu meningkatkan kesehatan mentalmu. Pada meditasi, Anda bisa lebih dekat dengan diri sendiri.

 

4 dari 5 halaman

6. Lakukan olahraga kardio

Ilustrasi Bersepeda Credit: pexels.com/Molly

Olahraga kardio amat bagus untuk kesehatan jantung. Anda bisa melakukan yoga, bersepeda, lari, atau bahkan berjoget setidaknya lima kali seminggu.

7. Kurangi waktu melihat layar gawai

Melihat layar gawai dalam waktu lama dapat memengaruhi penglihatan Anda, mengganggu waktu tidur, dan kesehatan mental. Cobalah untuk berhenti bermain gawai setidaknya 30 menit menjelang tidur.

 

5 dari 5 halaman

8. Tidur 6-7 jam

Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Tidur adalah waktu saat tubuh memperbaiki diri mereka. Tidur setidaknya 6-8 jam saat bagus untuk kesehatan tubuh dan mental Anda.

9. Lakukan aturan 20-20-20

Saat bekerja, Anda cenderung lupa waktu dan melihat layar ponsel/laptop sepanjang waktu. Untuk memberi waktu mbagi mata beristirahat, cobalah lakukan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit sekali, cobalah melihat ke titik sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya