Punya Golongan Darah Ini, Anda Lebih Berisiko Terkena Diabetes

Ternyata ada golongan darah tertentu yang lebih berisiko terkena diabetes

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Apr 2021, 14:01 WIB
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Diabetes adalah penyakit menakutkan yang membutuhkan penanganan seumur hidup. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Anda dapat membuat perubahan gaya hidup untuk mencegah atau menunda diabetes tipe 2 jika Anda prediabetik.

Tetapi bahkan di luar diagnosis itu, ada faktor mengejutkan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Menurut sebuah penelitian, golongan darah yang dimiliki juga dapat memengaruhi risiko diabetes Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

Golongan darah A, B, dan AB berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2

Ilustrasi Alat Kesehatan Credit: pexels.com/Gizz

Melansir dari Bestlifeonline, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Diabetologia, jurnal Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes, mengamati lebih dari 80.000 wanita untuk menentukan hubungan antara golongan darah dan risiko diabetes tipe 2.

Selama tindak lanjut di mana 3.553 peserta telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2, para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki golongan darah selain O memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang bergolongan darah O.

 

3 dari 5 halaman

Dapat berlaku pada pria dan wanita

Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Para peneliti mengatakan penilaian ini, meskipun hanya dilakukan pada wanita, dapat dikaitkan dengan pria juga, karena "tidak ada mekanisme biologis yang mungkin menjelaskan hubungan yang bergantung pada jenis kelamin."

"Temuan kami mendukung hubungan yang kuat antara golongan darah dan risiko diabetes, dengan partisipan dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2," rekan penulis studi Guy Fagherazzi, PhD, direktur departemen kesehatan populasi di Institut Kesehatan Luxembourg, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

 

4 dari 5 halaman

Golongan darah B memiliki risiko diabetes paling tinggi

Ilustrasi diabetes. Foto: Nataliya Vaitkevich-Pexels.

Menurut penelitian, mereka yang bergolongan darah A 10 persen lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki golongan darah O. Namun, wanita dengan golongan darah B adalah 21 persen lebih mungkin dibandingkan mereka dengan golongan darah O untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Dan ketika membandingkan setiap kombinasi golongan darah ini dengan O negatif (O-), yang merupakan kelompok donor universal, wanita dengan golongan darah B positif (B +) memiliki peningkatan risiko tertinggi terkena diabetes tipe 2 dengan peningkatan 35 persen.

 

5 dari 5 halaman

Sebab golongan darah selain O lebih berisiko terkena diabetes

diabetes ilustrasi/Pixabay feelphotoz

Sementara para peneliti mencatat bahwa alasan di balik hubungan antara risiko diabetes dan golongan darah masih belum diketahui, mereka menawarkan beberapa kemungkinan hubungan. Menurut penelitian, protein dalam darah yang dikenal sebagai faktor von Willebrand lebih tinggi pada orang dengan golongan darah selain O dan ini dikaitkan dengan peningkatan level pada pasien diabetes tipe 2.

Para peneliti juga mengatakan bahwa golongan darah ini dikaitkan dengan berbagai molekul yang diketahui terkait dengan diabetes tipe 2. Terakhir, menurut sebuah studi tahun 2012 di Mikroba Gut, golongan darah dapat menentukan komposisi mikroba usus seseorang secara keseluruhan, dan ini memengaruhi metabolisme yang berperan dalam diabetes.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya