Kapolri Temui KSAL Bahas Kerja Sama Keamanan Laut Indonesia

Menurut Listyo, pertemuan pimpinan Polri dan TNI AL ini salah satunya mendiskusikan maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 22 Mar 2021, 16:43 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. (Dok Humas Polri)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu adalah terkait peningkatan sinergitas keamanan dan penegakan hukum di perairan laut Indonesia.

"Sinergitas kerja sama di operasi utamanya Marinir dan Brimob, Lantamal dengan Polair," tutur Kapolri Sigit dalam pertemuan tersebut, Senin (22/3/2021).

Menurut Listyo, kedua pihak mendiskusikan maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut. Terlebih, ada banyak modus yang dilakukan pelaku untuk mengelabui petugas, seperti menggunakan bungkus kemasan teh.

Untuk meningkatkan penanganan keamanan di laut, perlu ada kajian pelatihan bersama antara personel Polri dan TNI AL.

"Bagaimana ada kegiatan pelatihan bersama ada integrasi di tingkat pelaksana. Minimal pernah ada pelatihan bersama," jelas Listyo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Sinergitas TNI AL-Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. (Dok Humas Polri)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, sinergitas TNI-Polri dalam memberangus kejahatan di perairan laut Indonesia sudah semestinya ditingkatkan.

"Kerja sama sinergitas AL dengan polisi terutama Polair. Kewenangan yang bukan AL diserahkan ke Polisi. Hal seperti ini dikembangkan dan ditingkatkan dalam sinergitas," kata Yudo.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya