5 Perubahan yang Didapatkan Tubuh Jika Meminum Teh Hitam Tiap Hari

Meminumnya setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga potensi buruk.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Mar 2021, 09:00 WIB
Sejarah Sariwangi/copyright unsplash Nicolai Schindler

Liputan6.com, Jakarta - Teh hitam sebenarnya tidak hitam. Nyatanya di China, teh ini disebut sebagai "teh merah" karena warnanya.

Meminum teh setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa orang bahkan menggunakannya sebagai alternatif kopi karena kandungan kafeinnya yang sebanding.

Tapi itu juga bisa datang dengan beberapa risiko jika Anda minum terlalu banyak cangkir per hari. Berikut manfaat dan beberapa potensi risiko dari meminum jenis teh setiap hari.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

2 dari 6 halaman

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi minum teh./Copyright pexels.com/@thiago-s-fotografias

Diperkirakan 26% populasi dunia memiliki tekanan darah tinggi dan ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius. Meskipun efeknya mungkin kecil, penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi hal ini.

3 dari 6 halaman

Dapat Menurunkan Kolestrol

ilustrasi teh herbal/Photo by Drew Jemmett on Unsplash

Satu dari setiap 3 orang dewasa memiliki kolesterol tinggi. Tetapi pria umumnya memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan wanita. Para peneliti telah menemukan bahwa memasukkan teh hitam ke dalam makanan Anda dapat menurunkan kadar kolesterol Anda secara signifikan.

4 dari 6 halaman

Mencegah Diabetes

ilustrasi teh earl grey/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Sekitar 422 juta orang menderita diabetes. Tipe 2 menyumbang sekitar 90-95% dari semua kasus yang didiagnosis, namun, telah ditemukan bahwa konsumsi teh hitam dapat mengurangi jumlah gula dalam darah Anda, dan akibatnya menurunkan peluang Anda terkena penyakit ini.

5 dari 6 halaman

Dapat Membuat Sakit Kepala

Ilustrasi Pusing dan Sakit Kepala Credit: pexels.com/pixabay

Minum teh hitam dalam jumlah besar setiap hari dapat menimbulkan efek samping. Beberapa di antaranya sakit kepala, migrain, dan gugup. Semua disebabkan oleh kandungan kafeinnya yang tinggi.

6 dari 6 halaman

Dapat Menyebabkan Kecemasan dan Kesulitan Tidur

Ilustrasi Emosi Cemas Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Meskipun dapat memberi Anda dorongan energi, konsumsi kafein yang berlebihan dari teh hitam dapat meningkatkan kecemasan dan tingkat stres Anda. Ini juga dapat mengganggu siklus tidur Anda dan memengaruhi kemampuan Anda untuk tertidur.

 

Reprter: Lianna Leticia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya