Bak Tersapu Banjir, Rumah Ini Sengaja Dibangun di Tengah Sungai

Sebuah bangunan miring sengaja dibuat di tengah sungai oleh seniman asal Prancis.

oleh Ulya Kaltsum diperbarui 10 Mar 2021, 12:00 WIB
(odditycentral.com)

Liputan6.com, Prancis - Di sepanjang sungai Loire, dekat kota Lavau-sur-Loire, Prancis, terdapat pemandangan yang tak biasa. Pasalnya, ada sebuah bangunan miring yang terletak tepat di tengah sungai.

Umumnya, sebuah bangunan akan dibuat di tempat yang aman agar dapat digunakan. Namun, berbeda dengan bangunan ini yang justru dibuat di tengah sungai dengan posisi miring.

Mungkin Anda akan mengira bangunan yang memiliki tiga lantai ini seperti telah tersapu oleh bencana banjir. Padahal sebenarnya, bangunan berbentuk rumah itu sengaja ditempatkan di tengah sungai oleh sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menyelamatkan bangkai kapal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Bagian dari pameran tahun 2007

(odditycentral.com)

Melansir Oddity Central, Jumat (5/3/2021), bangunan yang disebut House in the Loire ini menjadi salah satu daya tarik kapal pesiar sungai di Loire. The House in the Loire merupakan gagasan seniman asal Prancis bernama Jean-Luc Courcoult.

Bangunan tersebut awalnya menjadi bagian dari Pameran Seni Estuaire pada 2007. Pameran tersebut mengundang sejumlah seniman internasional untuk membuat karya berskala besar yang terinspirasi oleh Loire dan muara di dekatnya.

Uniknya, rumah yang ditinggalkan itu merupakan replika 1:1 bekas penginapan yang terletak di Lavau-Sur-Loire dan kini berfungsi sebagai creperie (rumah pancake).

 

3 dari 3 halaman

Kisah menyeramkan

(odditycentral.com)

Courcoult membuat rumah yang hampir sama dari beton cor dan menempatkannya di tepi kanan sungai Loire. Sayangnya, arus sungai yang kuat dan pasang naik menyebabkan bangunan itu terbalik dan dipindahkan ke tepi kiri.

Rumah tersebut pun dikunci ke dasar sungai Loire yang berbatu agar tak kembali tersapu banjir atau terkena air pasang.

Selain itu, tak jarang bangunan tersebut membuat orang takut saat melihatnya. Pasalnya, bentuknya terlihat aneh saat siang hari dan menyeramkan ketika malam hari. Bahkan, tak jarang lampu kerap menyala di salah satu kamar.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya