Hasil Rapid Test dan Uji Seka PCR Gubernur Sulteng Longki Djanggola Beda, Kok Bisa?

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan wakilnya Rusli Dg Palabbi menjalani isolasi mandiri usai terkonfirmasi positif Covid-19.

oleh Heri Susanto diperbarui 07 Jan 2021, 22:00 WIB
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola saat mengunjungi Desa Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi pascaserangan teroris, Minggu (6/12/2020). (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Liputan6.com, Palu - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan wakilnya Rusli Dg Palabbi menjalani isolasi mandiri usai terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji seka PCR. Keduanya diketahui terpapar Covid-19 pada Selasa, 5 januari 2021, setelah menjalani pemeriksaan kesehatan rutin.

PLT Karo Humas Pemprov Sulteng, Mohamad Haris Kariming mengatakan, sampel untuk uji seka PCR dari gubernur Sulteng dan wakilnya diambil pada Senin, 4 Januari 2021.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan, keduanya pada Selasa pagi juga menjalani rapid test antigen dengan hasil nonreaktif. Namun hasil uji seka PCR yang keluar kemudian justru menyatakan keduanya positif Covid-19, dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kondisi pak gubernur dan wakil biasa dan sehat secara medis tanpa merasakan sakit atau keluhan apapun. Sesuai saran dari dokter, keduanya menjalani masa isolasi hingga dinyatakan negatif," kata Haris, Kamis (7/1/2021).

Haris juga mengatakan, meski terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter ahli patologi, angka CT keduanya di atas 35 yang menandakan virus tersebut sudah kurang aktif dan melemah sehingga tingkat penularan kepada orang lain juga kecil.

Hingga Kamis (7/1/2021) sendiri, baik Longki Djanggola maupun Rusli Dg Palabi masih menjalani isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan. Sementara istri dari dua petinggi pemerintahan di Sulteng itu juga sudah menjalani uji seka PCR, hasilnya negatif.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya